Atap Rumah Tradisional, Simbol Budaya Ikonis

Kompas.com - 14/08/2018, 18:24 WIB
Bangunan Tongkonan Lempe yang halamannya dijadikan lokasi untuk melihat pemandangan yang diselimuti awan di bawahnya. Kompas.com/Ronny Adolof BuolBangunan Tongkonan Lempe yang halamannya dijadikan lokasi untuk melihat pemandangan yang diselimuti awan di bawahnya.

KOMPAS.com - Rumah adat mudah dikenali karena bentuk atapnya yang unik dan mengundang perhatian. Bahkan bentuk atap rumah juga menjadi simbol suatu wilayah atau suku di Indonesia, seperti:

Atap rumah tongkonan

Masyarakat Indonesia tentu sudah mengenal bentuk atap rumah adat Toraja ini. Atap rumah ini memiliki bentuk melengkung mirip dengan tanduk kerbau.

Ada pula yang mengatakan bentuk melengkung ini mirip seperti perahu yaang sedan telungkup dengan buritan.

Pada bagian atasnya dilapisi dengan ijuk hitam. Selain itu, atap rumah ini juga kerap ditumbuhi tanaman hijau yang justru memperindah bentuk rumah.

Ciri lain yang menonjol adalah penggunaan kepala kerbau dan tanduk yang menempel di depan rumah. Jumlah tanduk dan kepala kerbau menunjukkan derajat penghuni rumah.

Semakin banyak tanduk yang dipasang, maka semakin tinggi pula status sosial keluarga penghuni rumah tersebut.

Atap rumah ini didukung dengan beberapa kolom yang bertumpu pada batu. Kolom utamanya menjadi penyangga struktur atap pada sisi ujungnya.

Di sisi barat dan timur bangunan, terdapat jendela kecil tempat masuknya sinar matahari dan aliran angin.

Hampir semua rumah adat Toraja menghadap ke utara, yang melambangkan arah tempat leluhur berada. Masyarakat Toraja percaya hal ini akan membawa berkah.

Atap rumah bolon

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X