Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atap Rumah Tradisional, Simbol Budaya Ikonis

Kompas.com - 14/08/2018, 18:24 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumah adat mudah dikenali karena bentuk atapnya yang unik dan mengundang perhatian. Bahkan bentuk atap rumah juga menjadi simbol suatu wilayah atau suku di Indonesia, seperti:

Atap rumah tongkonan

Masyarakat Indonesia tentu sudah mengenal bentuk atap rumah adat Toraja ini. Atap rumah ini memiliki bentuk melengkung mirip dengan tanduk kerbau.

Ada pula yang mengatakan bentuk melengkung ini mirip seperti perahu yaang sedan telungkup dengan buritan.

Pada bagian atasnya dilapisi dengan ijuk hitam. Selain itu, atap rumah ini juga kerap ditumbuhi tanaman hijau yang justru memperindah bentuk rumah.

Ciri lain yang menonjol adalah penggunaan kepala kerbau dan tanduk yang menempel di depan rumah. Jumlah tanduk dan kepala kerbau menunjukkan derajat penghuni rumah.

Semakin banyak tanduk yang dipasang, maka semakin tinggi pula status sosial keluarga penghuni rumah tersebut.

Atap rumah ini didukung dengan beberapa kolom yang bertumpu pada batu. Kolom utamanya menjadi penyangga struktur atap pada sisi ujungnya.

Di sisi barat dan timur bangunan, terdapat jendela kecil tempat masuknya sinar matahari dan aliran angin.

Hampir semua rumah adat Toraja menghadap ke utara, yang melambangkan arah tempat leluhur berada. Masyarakat Toraja percaya hal ini akan membawa berkah.

Atap rumah bolon

Rumah Bolon khas Batak di Festival Kuliner Serpong (FKS) 2015 yang berlangsung di Summarecon Mal Serpong, 14 Agustus hingga 6 September 2015.KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN Rumah Bolon khas Batak di Festival Kuliner Serpong (FKS) 2015 yang berlangsung di Summarecon Mal Serpong, 14 Agustus hingga 6 September 2015.
Jangan terkecoh dengan bentuk atap rumah ini. Meski mirip dengan atap rumah tongkonan, namun atap berbentuk segitiga ini merupakan bagian dari rumah gorga atau rumah bolon.

Rumah gorga merupakan rumah adat Suku Batak yang dibagi menjadi beberapa jenis tergantung ukuran dan luasnya.

Ruma gorga berukuran paling besar disebut rumah bolon, dan sekaligus menjadi simbol status sosial di Tapanuli, Sumatera Utara.

Selain sebagai tempat tinggal, rumah ini juga digunakan sebagai tempat penyelenggaraan upacara adat. Rumah ini memiliki atap berbentuk segitiga dan bertingkat tiga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com