Kompas.com - 20/07/2018, 22:00 WIB
Penandatanganan fasilitas kredit sindikasi bernilai Rp 3,3 triliun untuk proyek jalan tol Kunciran-Serpong, Jumat (20/7/2018) di Jakarta. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAPenandatanganan fasilitas kredit sindikasi bernilai Rp 3,3 triliun untuk proyek jalan tol Kunciran-Serpong, Jumat (20/7/2018) di Jakarta.


JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi dari sejumlah bank untuk pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong dinilai sebagai bentuk perhatian pada bidang infrastruktur.

Tol Kunciran-Serpong dikerjakan oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Astra Infra Toll Road.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wujud dari investasi itu berupa penandatanganan kredit sindikasi bernilai Rp 3,3 triliun untuk proyek jalan tol tersebut.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Jasa Marga, Astra Infra, dan MTN bersama bank pemberi kredit, yaitu BNI, BRI, BCA, Bank Mandiri, dan Bank Riau Kepri.

Baca juga: Dapat Kredit Sindikasi, Tol Kunciran-Serpong Dikebut Pengerjaannya

"Ini merupakan concern dari perbankan untuk pembangunan tol yang masif dalam tempo singkat, yaitu 2 sampai 3 tahun," kata Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Donny Arsal, Jumat (20/7/2018) di Jakarta.

Dia mengakui Jasa Marga memiliki keterbatasan keuangan untuk membiayai proyek jalan tolnya. Maka dari itu, dibutuhkan bantuan dana dari perbankan.

"Ada keterbatasan dari balance sheet sponsor, dalam hal ini Jasa Marga. Kami berterima kasih kepada perbankan yang secara berkelanjutan memberikan dukungan," ujarnya.

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol akses Serpong - Kunciran sepanjang 11,20 km di Kawasan Jombang Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (02/02/2018). Jalan tol  ini merupakan bagian dari jaringan Tol JORR 2 yang nantinya akan menghubungkan Bandara Soekarno Hatta hingga Bitung Tangerang dan diharapkan mampu memecahkan penumpukan serta kemacetan yang ada di tol dalam kota maupun tol JORR.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol akses Serpong - Kunciran sepanjang 11,20 km di Kawasan Jombang Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (02/02/2018). Jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan Tol JORR 2 yang nantinya akan menghubungkan Bandara Soekarno Hatta hingga Bitung Tangerang dan diharapkan mampu memecahkan penumpukan serta kemacetan yang ada di tol dalam kota maupun tol JORR.
Donny berharap penandatanganan ini bisa memberikan kepastian dalam pembangunan jalan Tol Kunciran-Serpong.

Dia menegaskan, investasi ini bisa menambah modal pembangunan tol itu karena biaya yang dibutuhkan jumlahnya besar.

"Memperkuat struktur permodalan. Hasil right issue kita hanya Rp 1,7 triliun dan Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp 1,2 triliun, sementara kebutuhan cukup besar," imbuh Donny.

Donny menambahkan, pihaknya juga meminta agar pinjaman yang diberikan bank bisa didaur ulang. Sebab, pembangunan jalan tol berlangsung secara berkelanjutan.

"Kami minta bank tidak hanya pada pembiayaan awal, tapi juga dukungan agar pinjaman ini bisa di-recycle, melalui recycle program, karena pembangunan infrastruktur khususnya tol rasanya tidak berhenti," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.