Jokowi: "Rest Area" Jalan Tol Harus Diisi UMKM

Kompas.com - 15/07/2018, 10:00 WIB
Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti peresmian Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen, disaksikan Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, Minggu (15/7/2018). Dokumentasi Kementerian BUMNPresiden Joko Widodo menandatangani prasasti peresmian Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen, disaksikan Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, Minggu (15/7/2018).

SOLO, KOMPAS.com - Rest area atau tempat istirahat yang terdapat di sepanjang jalan tol harus bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan usaha masyarakat. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan hal tersebut saat meresmikan Tol Kartasura-Sragen yang menjadi bagian dari Tol Solo-Ngawi, Minggu (15/7/2018) pagi.

Baca juga: Presiden Resmikan Tol Kartasura-Sragen

Presiden menekankan, jangan sampai rest area yang menjadi salah satu pusat perekonomian justru diisi oleh merek-merek asing.

“Saya minta di setiap rest area jualannya bukan McD, bukan Kentucky, bukan Starbucks, harus mulai diganti sate, soto, tahu guling, gudeg,” kata Presiden.

Ia mengaku, telah memerintahkan kepada Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Menteri Pekerjaan Umin dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mengakomodasi masyarakat yang memiliki usaha mikro, kecil dan menengah agar dapat berjualan di rest area.

Baca juga: Sah, Tarif Tol Solo-Ngawi Rp 1.000 Per Kilometer

Tak hanya makanan dan minuman, sejumlah hasil kerajinan tangan serta batik diharapkan juga dapat dijual di sana.

“Kalau minum ya jangan Starbucks, wedang ronde bisa di rest area. Bukan Starbucks dan lain-lain. Ini harus kita mulai. Jangan sampai ada suara-suara, ‘Pak telur asin omsetnya anjlok’,” ujarnya. 

Nanti kalau sudah ada di rest area kan beda lagi, segera dicarikan tanah, saya enggak tahu kerja samanya dengan BUMN seperti apa, tapi buat saya jangan sampai merasa ada yang ditinggal dengan pembangunan ini,” tuntas Jokowi.

 

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X