Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telan Rp 3,5 Triliun, Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I Rampung 2019

Kompas.com - 14/07/2018, 18:56 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 terus dilakukan dan ditargetkan selesai pada Desember 2018.

Ruas tol sepanjang 3,5 kilometer itu dibangun oleh PT Waskita Toll Road selaku kontraktor pelaksana dengan biaya investasi sebesar Rp 3,5 triliun.

“Seksi 1 diusahakan selesai sesuai target pada Desember tahun ini. Panjangnya 3,5 kilometer,” ujar Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/7/2018).

Baca juga: Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung Terus Berlanjut

Akses keluar di Cimanggis akan terhubung dengan Jalan Transyogi, Cibubur. Sebagaimana kita ketahui, selama ini lalu lintas Cibitung–Cibubur sering terjadi kemacetan lalu lintas.

Kemacetan itu terjadi karena banyaknya jumlah kendaraan yang antara lain berasal dari sejumlah perumahan yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Herwidiakto berharap dengan kehadiran tol tersebut bisa mengurangi kepadatan lalu lintas yang terjadi di jalan arteri.

“Mudah-mudahan bisa memperlancar arus lalu lintas, misalnya dari Kota Wisata dan Kota Legenda. Masyarakat nantinya bisa masuk Tol Jagorawi lewat Cibubur,” ucapnya.

Pembangunan tol Seksi 1 ini dilakukan bersamaan dengan Seksi 2 yang berujung sampai di Cibitung dan diharapkan selesai pada 2019.

Jika nantinya konstruksi Seksi 1 dan 2 sudah selesai, total panjang jalan tol tersebut mencapai 26 kilometer. Adapun nilai keseluruhan investasinya sekitar Rp 8,5 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com