Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung Terus Berlanjut

Kompas.com - 24/02/2017, 22:00 WIB
Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung melintasi area perumahan Kota Wisata, Cileungsi, Bogor. Tampak kondisi proyek pada Jumat (14/10/2016). Hilda B Alexander/Kompas.comPembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung melintasi area perumahan Kota Wisata, Cileungsi, Bogor. Tampak kondisi proyek pada Jumat (14/10/2016).
|
EditorHilda B Alexander

Jakarta, KompasProperti - Perkembangan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung berada dalam kondisi positif hingga saat ini.

Sebagai informasi, pada Desember 2016 silam pembebasan lahannya masih empat persen dan rencananya bakal dirampungkan 100 persen pada Juni 2017.

"Tol Cimanggis-Cibitung positif baik fisik, lahan dan serapan anggarannya serta progresnya meningkat dari waktu ke waktu," tutur Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna, kepada KompasProperti, Jumat (24/2/2017).

Kendati begitu, Herry tak memberikan data teknis terkait progres positif tersebut lantaran belum mendapatkannya dari badan usaha jalan tol (BUJT) Jalan Tol Cimanggis-Cibitung PT Waskita Toll Road.

Progres pembangunan jalan tol yang dimulai kembali pada Oktober 2015 silam ini mangkrak empat tahun.

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto mengatakan, saata pembangunannya dilanjutkan kembali, proyek ini sempat mendapat penolakan dari warga perumahan Raffles Hills, dan keterbatasan anggaran.

Untuk penolakan warga, PT Waskita Toll Road telah mengonsinyasikan proses pembebasan lahan ke pengadilan.

Sedangkan untuk anggaran pembebasan lahan, PT Waskita Toll Road sudah mendapatkan bantuan melalui dana talangan BUJT yang akan dikembalikan melalui skema Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

"Pokoknya begitu ada tanah langsung kami kerjakan konstruksinya supaya bisa selesai 2019 nanti," tambah Herry.

Proyek jalan tol sepanjang 26,3 kilometer ini diyakini mampu memecah kepadatan lalu lintas di ruas Jalan Transyogie, Cileungsi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X