10 Cara Cerdas Maksimalkan Ruang Sempit - Kompas.com

10 Cara Cerdas Maksimalkan Ruang Sempit

Kompas.com - 14/07/2018, 16:00 WIB
Meja yang menempel ke dinding ini hanya membutuhkan sedikit ruang. Rak di atasnya untuk menempatkan buku, barang koleksi, dan pajangan lainnya.House Beautiful Meja yang menempel ke dinding ini hanya membutuhkan sedikit ruang. Rak di atasnya untuk menempatkan buku, barang koleksi, dan pajangan lainnya.

KOMPAS.com - Usaha untuk menempatkan semua barang milik Anda di rumah ataupun di kantor ternyata tidak gampang.

Bagi Anda yang tinggal di hunian berukuran kecil dan ingin menaruh lebih banyak barang di dalamnya, sejumlah cara berikut ini bisa bermanfaat untuk diterapkan.

1. Sesuaikan ukuran meja makan

Meja makan bundar kecil yang membuat rumah Anda memiliki cukup ruang tambahan.hou Meja makan bundar kecil yang membuat rumah Anda memiliki cukup ruang tambahan.

Meja bundar kecil tidak hanya berguna untuk sarapan. Singkirkan meja makan berukuran besar dan pilih meja makan bundar kecil sebagai gantinya agar Anda memiliki cukup ruang tambahan.

2. Pasang televisi di dinding

Memasang televisi di dinding.House Beautiful Memasang televisi di dinding.

Perangkat elektronik biasanya menjadi barang yang paling banyak memakan tempat di ruang keluarga yang berukuran kecil.

Jika ada televisi di ruang tersebut, tempatkan di dinding agak ke atas sehingga area kosong lantai di bawahnya bisa digunakan untuk menaruh barang lain.

3. Buatlah meja dinding

Apabila ruang kerja Anda tidak cukup besar, cobalah membuat meja yang menempel ke dinding. Meja dinding ini hanya membutuhkan sedikit ruang.

Selain itu, Anda bisa memasang rak di atasnya untuk menempatkan buku, barnag koleksi, dan pajangan lainnya.

4. Beri pemisah ruangan

Pemisah ruangan berupa barang dan warna.House Beautiful Pemisah ruangan berupa barang dan warna.

Anda melakukan berbagai aktivitas di ruang kerja, tidur, santai, dan makan. Buatlah tanda atau barang pemisah untuk setiap area tersebut.

Anda bisa memisahkannya dengan menggantungkan tirai, menempatkan meja dan kursi, atau mengecat dinding dengan warna yang berbeda.

5. Barang multiguna

Barang multiguna berupa meja, sofa, dan kursi.House Beautiful Barang multiguna berupa meja, sofa, dan kursi.

Kuncinya adalah menempatkan barang yang memiliki lebih dari satu kegunaan. Sebagai contoh, tempatkan meja yang dapat berfungsi sebagai meja biasa dan meja makan.

Hadirkan pula sofa yang sekaligus berguna sebagai tempat tidur tamu, atau kursi berbentuk kubus yang berfungsi sebagai meja dan kursi tambahan ketika banyak tamu di rumah.

6. Tipuan mata

Cermin yang akan membuat ruangan Anda terasa lebih besar dan lebih terang.House Beautiful Cermin yang akan membuat ruangan Anda terasa lebih besar dan lebih terang.

Praktikkan trik lama ini, yaitu melapisi barang dengan cermin yang akan membuat ruang Anda terasa lebih besar, lebih terang, dan lebih sejuk.

7. Buatlah setiap barang ada gunanya

Perabot yang menawarkan fungsi maksimal dalam ukuran minimal.House Beautiful Perabot yang menawarkan fungsi maksimal dalam ukuran minimal.

Pilih perabot yang menawarkan fungsi maksimal dalam ukuran minimal. Misalnya, gunakan dua meja bundar kecil sebagai ganti satu meja besar.

Pilihan itu akan lebih baik untuk pergerakan di dalam rumah dan lebih mudah dipindahkan.

8. Pilih barang berwarna netral

Barang berwarna netral.House Beautiful Barang berwarna netral.

Suasana kamar yang tenang dengan pilihan warna yang lembut membuat ruangan itu terlihat seolah-olah lebih luas daripada aslinya.

Namun, tidak ada salahnya menambah variasi pola dan tekstur halus untuk menjaga agar ruang itu tampak lebih hidup.

9. Sesuaikan tempat penyimpanan

Menghadirkan barang yang sesuai kebutuhan dan membuat tempat penyimpanan berupa ceruk di dinding bisa menjadi salah satu cara memanfaatkan keterbatasan ruang yang tersedia.

Tempat penyimpanan barang berupa ceruk di dindingHouse Beautiful Tempat penyimpanan barang berupa ceruk di dinding

Ketika barang pajangan ditempatkan di rak berceruk di dinding, berarti Anda memiliki area kosong yang bisa ditempatkan untuk barang lain.

10. Maksimalkan ruang secara vertikal

Memaksimalkan ruang secara vertikal.House Beautiful Memaksimalkan ruang secara vertikal.

Eksploitasi ruang kosong yang sering tidak dimanfaatkan, misalnya di atas furnitur dan langit-langit ruangan, dengan barang yang bisa digantung.

Buatlah lemari buku dan barang pajangan sehingga pemanfaatan ruangan terlihat lebih maksimal.



Close Ads X