Empat Ruas Tol Siap Pra Uji Laik Operasi - Kompas.com

Empat Ruas Tol Siap Pra Uji Laik Operasi

Kompas.com - 11/07/2018, 10:03 WIB
Jalan Tol Palembang-Indralaya yang ditarget selesai 10 hari jelang hari raya idul fitri tahun ini sudah memasuki tahap pengaspalan di sektor 2. Menurut Pimpinan Proyek Pembangunan Jalan Tol Palindra Hasan Turcahyo sisa yang belum diaspal tinggal 1,5 kilometerKOMPAS.com/Amriza Nursatria Jalan Tol Palembang-Indralaya yang ditarget selesai 10 hari jelang hari raya idul fitri tahun ini sudah memasuki tahap pengaspalan di sektor 2. Menurut Pimpinan Proyek Pembangunan Jalan Tol Palindra Hasan Turcahyo sisa yang belum diaspal tinggal 1,5 kilometer

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, ada empat ruas tol yang saat ini tengah memasuki tahap persiapan pra uji laik fungsi dan operasi (pra-ULO).

Kemungkinan, proses tersebut baru bisa dilaksanakan bulan Agustus karena masih ada beberapa pekerjaan fisik yang harus diselesaikan pengelola sebelum menjalani tahapan selanjutnya.

"Itu pekerjaan fisik masih sampai bulan ini. Diharapkan bulan depan sudah bisa ULO," kata Herry di kantornya, Selasa (10/7/2018).

Keempat ruas itu yakni Tol Depok-Antasari Seksi I Antasari-Brigif sepanjang 5,8 kilometer, dan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer.

Kemudian, Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer dan Tol Palembang-Indralaya Seksi 2 dan 3 Pamulutan-Indralaya sepanjang 14,93 kilometer.

Beberapa pekerjaan fisik itu, sebut Herry, seperti pembangunan dua overpass di Tol Sragen-Ngawi.

"Kalau itu sudah selesai udah bisa (ULO). Yang lain misalnya Desari, itu pekerjaan fisik masih sampai bulan ini, diharapkan bulan depan sudah bisa ULO," ujarnya.

Merujuk data monitoring jalan tol BPJT yang dikutip Kompas.com, Rabu (11/7/2018), progres konstruksi untuk keempat ruas itu telah mencapai 89,9 persen.

Rinciannya, untuk Tol Depok-Antasari Seksi I Antasari-Brigif mencapai 98,92 persen, dan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombong telah mencapai 83,91 persen.

Adapun Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi mencapai 92,65 persen, dan Tol Palembang-Indralaya Seksi 2 dan 3 Pamulutan-Indralaya mencapai 84,14 persen.



Close Ads X