Menengok Keunikan Arsitektur Asiria 2000 Tahun Lalu

Kompas.com - 28/06/2018, 13:30 WIB
Dua patung kuno banteng bersayap Asiria di Museum Nasional Irak di Baghdad, 1 Maret 2015. AP Photo/Karim KadimDua patung kuno banteng bersayap Asiria di Museum Nasional Irak di Baghdad, 1 Maret 2015.

KOMPAS.com- Asur, Asiria, atau Assyria merupakan sebuah kerajaan yang berpusat di Sungai Tigris, Mesopotamia, dan Irak. Wilayahnya kini tersebar di beberapa bagian di Irak, Timur Laut Suriah, sebelah Tenggara Turki, dan wilayah Barat Laut Iran.

Dalam membuat bangunan terutama tempat tinggal, masyarakat Asiria memiliki ciri khas tersendiri. Hingga kini beberapa ciri seni arsitektur Asiria masih bisa ditemukan di bekas daerah kekuasaannya.

Sejarah Singkat Arsitektur Asiria

Dalam membuat seni bangunan, bentuk rumah tertua adalah rumah perapian. Rumah ini merupakan suatu ruangan yang memanjang dengan pintu masuk terletak pada salah satu ujung dindingnya. Perapian di rumah in terletak di belakang, dekat dengan ujung dinding lainnya.

Seperti diberitakan Harian Kompas, 6 April 1972, bentuk ruangan ini, pada zamannya, digunakan dalam bangunan kuil. Namun fungsi perapian digantikan dengan relung. Relung merupakan tempat suci yang letaknya agak ditinggikan.

Kemudian pada masa Asiria Tengah (1450-1000 SM), ruangan kuil tersebut dibuat dengan bentuk memanjang pula. Perbedaannya ada pada pintu masuk yang terletak agak ke dalam.

Pada masa ini, pintu masuk dibagi menjadi dua, yakni pintu yang terletak pada ujung dinding ruangan dan pintu yang terletak setelah pintu pertama.

Ruangan yang ada diantara pintu pertama dan kedua disebut portjco. Ruangan ini merupakan beranda tertutup yang hanya memiliki satu jalan masuk dan langsung menuju ke pintu ruangan utama saja.

Pada masa Asiria Muda, sekitar tahun 1000-720 SM, seni bangunan Asiria berkembang pesat. Ruangan rumah perapian sudah tidak digunakan lagi.

Sedangkan pada masa Asiria Akhir (720-612 SM), seni arsitektur Asiria sudah dipengaruhi oleh Babilonia. Pada tahun-tahun inilah Asiria memasuki masa pembangunan besar-besaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X