Kompas.com - 28/06/2018, 13:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta menargetkan uji coba pertama kereta MRT di jalur utama akan dilaksanakan pada 9 Agustus mendatang.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menjelaskan, saat ini sedang dilakukan proses uji coba integrasi persinyalan di depo degan menggunakan kereta pertama yang sudah tiba beberapa waktu lalu.

Setelah itu, pada 23 Juli 2018 akan dilakukan proses pengujian terhadap sistem persinyalan di jalur utama tanpa kereta.

Baca juga: Dicoret dari Proyek Strategis Nasional, Ini Tanggapan MRT Jakarta

"Tanggal 9 Agustus mulai tes integrasi persinyalan di jalur utama menggunakan kereta pertama," kata William di kantornya, Kamis (28/6/2018).

Ia menambahkan, MRT akan mulai beroperasi secara komersial pada Maret 2019. Serangkaian uji coba pun dipastikan akan dilakukan guna memenuhi aspek keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Uji coba tersebut meliputi uji pergerakan kereta atau dynamic test di jalur utama pada 10 September 2018, uji coba operasi sistem perkeretaapian secara terintegrasi oleh kontraktor pada 12 November 2018 dan uji coba operasi sistem perkeretaapian atau full trial run pada 15 Februari 2019.

"Akhir November kereta akan datang semua. Lalu pada 8 Desember mulai uji coba ke 2-16 di jalur utama," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.