Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Mudik Tol Fungsional akan Dibuka Siang-Malam

Kompas.com - 18/05/2018, 16:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah ruas tol Trans Jawa akan dibuka secara fungsional sepanjang arus mudik dan balik Lebaran 2018. Pemerintah pun berencana membuka ruas tersebut sepanjang hari.

"Tol fungsional harus bisa digunakan siang dan malam. Tapi kemudian pengaturan lebih lanjut akan diserahkan kepada Korlantas," kata Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto di kantornya, Jumat (18/5/2018).

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dikutip Kompas.com, panjang ruas tol di Pulau Jawa yang dibuka fungsional yaitu 237 kilometer.

Baca juga: Basuki Pastikan Tarif Tol Didiskon 10 Persen Saat Mudik

Untuk ruas Tol Trans Jawa yang dibuka fungsional meliputi Tol Pemalang-Batang (39,2 kilometer), Tol Batang-Semarang (75 kilometer), dan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi (50,8 kilometer).

Kemudian, Tol Ngawi-Kertosono Seksi IV Wilangan-Kertosono (39,05 kilometer, dan Tol Kertosono-Mojokerto Seksi IV Bandar-Batas Barat (0,9 kilometer).

Sementara, di luar Tol Trans Jawa yang dibuka fungsional yaitu Tol Pandaan Malang Seksi I Pandaan-Purwodadi (15,47 kilometer) dan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 kilometer).

Arie memastikan, pemerintah akan menambah berbagai fasilitas pendukung guna menunjang kelancaran arus mudik. Misalnya, rambu lalu lintas, marka jalan, tolo-tolo, hingga rest area sementara.

"Kami usahakan agar jalan tersebut aman digunakan pada malam hari. Nantinya akan dipasang rambu yang jelas dan dipasang MCB agar tahu mana batas jalannya," tuntas Arie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com