7 Langkah Penting Sebelum Serah Terima Kunci Rumah

Kompas.com - 17/05/2018, 13:00 WIB
Penyerahan kunci rumah dari pengembang kepada pemilik rumah merupakan momen yang menyenangkan. www.propwall.myPenyerahan kunci rumah dari pengembang kepada pemilik rumah merupakan momen yang menyenangkan.

KOMPAS.com - Mendapat pemberitahuan bahwa Anda bisa mengambil kunci rumah merupakan momen yang membahagiakan, apalagi jika itu adalah rumah pertama yang Anda beli.

Saat kali pertama melihat rumah itu, mungkin kondisinya tampak sempurna. Meskipun demikian, dalam kenyataannya belum tentu sebagus yang dilihat.

Menemukan kekurangan di suatu bangunan, baik bangunan lama maupun baru, merupakan hal yang biasa.

Tidak perlu selalu menyalahkan pengembang jika ada kesalahan yang dibuat karena itu juga tanggung jawab dan tugas pemiliknya untuk memeriksa kondisi rumahnya.

Ingatlah bahwa bagian dari rumah yang terlihat kotor tidak harus membuat pemiliknya bingung. Banyak orang yang kali pertama membeli rumah mengeluh soal kotornya pintu, padahal kotoran itu mudah dihilangkan hanya dengan sepotong kain.

Seharusnya yang lebih dikeluhkan yaitu kerusakan pada pintu, misalnya ada goresan, permukaan yang tidak rata, atau ketidaksejajaran dari gagang pintu.

Salah satu sisi positif jika Anda membeli rumah dari pengembang yakni Anda memiliki hak atas jaminan perbaikan atas kerusakan bangunan yang berlaku selama 12 sampai 24 bulan setelah tanggal penyerahan kepemilikan yang ditentukan dalam perjanjian jual beli.

Selama periode tersebut, Anda berhak melapor kepada pengembang jika ada kerusakan. Pengembang berkewajiban untuk memperbaiki kerusakan yang dilaporkan itu.

Laporan soal kerusakan itu harus dilakukan sebelum dimulainya renovasi rumah selama periode jaminan perbaikan seperti yang disebut di atas.

Hal ini untuk menghindari pengembang menolak untuk melakukan perbaikan atas kerusakan yang terjadi, dengan alasan bahwa kerusakan itu terjadi selama renovasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X