Trik Mengetahui Kayu Asli atau Palsu

Kompas.com - 06/05/2018, 08:27 WIB
Contoh meja, kursi, dan lemari yang berbahan kayu.Sumber: starproperty.my Contoh meja, kursi, dan lemari yang berbahan kayu.

KOMPAS.com - Kayu padat merupakan bahan dasar untuk membuat mebel. Menurut penelitian arkeologi, orang Yunani kuno pada abad kelima sebelum Masehi mulai membuat dan mengukir kursi, tempat tidur, dan meja yang berbahan dari kayu padat, seperti mapel dan pohon ek.

Bahan kayu ini tetap populer hingga sekarang meski telah mengalami siklus revolusi nilai seni.

Kemunculan jenis kayu pengganti yang baru dengan harga lebih murah dan mudah diperoleh, seperti kayu lapis yang dibentuk, plastik, dan fiberglass, telah memengaruhi industri furnitur. Namun, kayu padat tetap eksis.

Keindahan furnitur kayu padat terletak pada kekuatan, daya tahan, dan tekstur alaminya.

Satu potong kayu padat berkualitas tinggi bisa bertahan selama beberapa dekade atau bahkan berabad-abad asalkan penggunaannya tepat.

Bagaimanapun juga, ada perabot yang mungkin terlihat bagus saat dipamerkan di toko, tetapi Anda akan tahu kekurangannya setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu di rumah.

Tips berikut ini bisa membantu Anda mengetahui jenis kayu padat yang asli: 

1. Harga menentukan kualitas

Kayu padat yang tumbuh di hutan biasanya membutuhkan waktu 15 hingga 25 tahun sebelum dapat digunakan.

Selain peralatan dan proses pengeringan kayu, ide serta proses desain dan pengerjaan menentukan nilai dari mebel yang terbuat dari kayu padat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X