National Museum of Qatar Terinspirasi Mawar Gurun

Kompas.com - 03/05/2018, 14:13 WIB
National Museum of Qatar di Doha yang dirancang oleh arsitek Perancis Jean Nouvel. Iwan BaanNational Museum of Qatar di Doha yang dirancang oleh arsitek Perancis Jean Nouvel.

KOMPAS.com - Fotografer arsitektur Iwan Baan telah merilis gambar terbaru National Museum of Qatar di Doha yang dirancang oleh arsitek Perancis Jean Nouvel.

Gambar-gambar baru tersebut menunjukkan adanya struktur berbentuk cakram yang saling terkait. Pembangunannya hampir selesai dan akan dibuka pada Desember tahun ini.

Kompleks seluas 5,3 hektar ini terinspirasi oleh mawar gurun yang tumbuh dari tanah dan terletak di sekitar istana Emiri yang asli.

Terdiri dari serangkaian cakram yang saling terkait berbagai dimensi dan ukuran, struktur tersebut menyajikan geometri organik dan cair yang seakan naik dari tanah.

Cakram ini tersebar secara tidak teratur untuk menciptakan organisasi spasial baru pada plot persegi panjang.

Museum yang dirancang sebagai pusat budaya untuk umum, mahasiswa, dan profesional museum di gurun Doha ini akan mencakup berbagai ruang-ruang galeri.

National Museum of Qatar di Doha yang dirancang oleh arsitek Perancis Jean Nouvel.Iwan Baan National Museum of Qatar di Doha yang dirancang oleh arsitek Perancis Jean Nouvel.
Di dalamnya terdapat ruang pameran permanen seluas 8.000 meter persegi, ruang pameran sementara 2.000 meter persegi, auditorium berkapasitas 220 kursi, dua gerai ritel, dua restoran dan kafe, pusat penelitian dan laboratorium serta taman yang dipenuhi tanaman asli.

Ketika selesai tahun ini, museum akan merayakan budaya dan warisan dari Qatar dan juga masyarakatnya, untuk mewujudkan kebanggaan dan tradisi Qatar.

Pada waktu yang sama, museum ini juga menawarkan pengunjung mancanegara untuk berdialog tentang perubahan yang cepat dan modernisasi.

Museum Nasional Qatar akan mewakili masa lalu, sekarang dan masa depan Qatar melalui pameran, kegiatan pendidikan, kunjungan situs budaya, dan pemrograman berbasis teknologi.

Skema skrup interlocking ini terbuat dari struktur rangka baja yang dirangkai dalam susunan hub-and-spoke dan dibalut panel beton bertulang fiber glass.

Kolom yang disembunyikan di dalam cakram vertikal membawa banyak cakram horizontal ke tanah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X