Urusan Kawasan Kumuh, Jakarta Bisa Belajar dari Paris

Kompas.com - 28/04/2018, 13:00 WIB
Vertical Village InhabitatVertical Village

KOMPAS.com – Di tengah keterbatasan lahan hunian, munculnya kawasan kumuh di tengah dan pinggiran kota menjadi persoalan yang harus dihadapi oleh Jakarta.

Provinsi yang dipimpin Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini dapat mencontoh langkah Pemerintah Kota Paris dalam membenahi masalah pemukiman kumuh di wilayah mereka.

Baru-baru ini, pemerintah kota tersebut mengumumkan desain ‘Kampung Vertikal’ atau Vertical Village yang dirancang oleh Sou Fujimoto, Nicolas Laisné dan Dimitri Roussel.

Kampung Vertikal akan menjadi salah satu jawaban atas persoalan kawasan kumuh di sana sekaligus menjadi gerbang baru menuju wilayah timur Rosny-sous-Bois.

Vertical VillageInhabitat Vertical Village
Struktur yang didominasi kayu setinggi 164 kaki atau sekitar 50 meter itu akan diperkuat dengan beton dan kolom pendukung.

Dilansir dari Inhabitat, Kampung Vertikal yang dikembangkan oleh La Compagnie de Phalsbourg dan REI Habitat ini merupakan kawasan mixed-use yang berdiri di atas lahan seluas 28.199 meter persegi atau setara 2,8 hektar.

Area food court di Vertical VillageInhabitat Area food court di Vertical Village
Nantinya, akan terdapat area perkantoran seluas 57.000 meter persegi, dan 17.000 meter persegi area perumahan. Sementara itu, sepertiga area lainnya akan digunakan sebagai kawasan hunian sosial.

Berbeda dengan arsitektur konvensional, Vertical Village dibalut dengan gaya ikonik Fujimoto dengan bentuk putih bergelombang dan berbagai macam kanopi geometris yang didukung dengan pilar tipis.

Lapisan kaca akan membungkus bangunan agar nampak seperti kehijauan.

Area futsal di Vertical VillageInhabitat Area futsal di Vertical Village
Di lantai dasar, akan terdapat ruang komunitas terbuka seluas 6.000 meter persegi yang akan diisi dengan food court, tempat penitipan anak, kantor keluarga, pusat komunitas dan area permainan.

Di samping itu juga terdapat pusat olahraga yang terdiri atas area panjat tebing, lapangan futal dan pusat kebugaran

Vertical Village adalah bagian dari skema yang didukung pemerintah yang lebih luas untuk merevitalisasi pinggiran kota Paris seperti yang diarahkan oleh Inventons la Métropole du Grand Paris.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X