Anggaran Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Rp 23,7 Triliun

Kompas.com - 26/04/2018, 22:03 WIB
Kegiatan perbaikan dan perawatan jalan yang dilaksanakan Kementerian PUPR. Kementerian PUPRKegiatan perbaikan dan perawatan jalan yang dilaksanakan Kementerian PUPR.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai upaya menjaga kualitas jalan dan jembatan, pemeliharaan atau preservasi terus dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara rutin.

Tahun ini, Kementerian mengalokasikan sekitar 57 persen atau 23.7 triliun dari Rp 41,6 triliun anggaran pada Direktorat Jenderal Bina Marga untuk pemeliharaan bagi 46.812 kilometer jalan dan 495.698 meter jembatan.

“Kami menjaga kondisi jaringan jalan nasional agar tetap memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Jalur utama logistik menjadi prioritas,” kata Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto dalam keterangan tertulis, Kamis (26/4/2018).

Pembangunan jembatan gantung baru yang dilakukan Kementerian PUPR.Kementerian PUPR Pembangunan jembatan gantung baru yang dilakukan Kementerian PUPR.
Selain untuk pemeliharaan, anggaran yang dimiliki Ditjen Bina Marga juga digunakan untuk membangun 829 kilometer jalan baru dan 15.372 meter jembatan.

Misalnya, pembangunan Jalan Ruas Pantai Selatan Jawa, Jalan Perbatasan Kalimantan, Jalan Perbatasan NTT, Jalan Perbatasan Papua dan Jalan Trans Papua.

“Pembangunan jalan baru difokuskan pada jaringan jalan lintas strategis proritas seperti lintas perbatasan, pansela Jawa dan Trans Papua agar dapat tersambung pada akhir 2019,” kata dia.

Kegiatan perawatan jembatan yang dilakukan Kementerian PUPR.Kementerian PUPR Kegiatan perawatan jembatan yang dilakukan Kementerian PUPR.
Pembangunan jalan tol sepanjang 33 kilometer yang menjadi porsi pemerintah juga dilakukan, seperti pada proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi II, Tol Solo-Kertosono, Tol Balikpapan-Samarinda, dan Tol Manado-Bitung.

Sementara itu, guna mengurangi kepadatan di perkotaan, juga dibangun beberapa flyover, underpass atau terowongan di beberapa titik.

Misalnya, Underpass Katamso di Medan, Fly Over Keramasan di Palembang, dan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di Denpasar.

Pengembangan jalan baru yang dilakukan Kementerian PUPR.Kementerian PUPR Pengembangan jalan baru yang dilakukan Kementerian PUPR.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X