KILAS

Pemerintah Gandeng Pengembang Wujudkan Satu Juta Rumah untuk Rakyat

Kompas.com - 21/04/2018, 20:08 WIB
Pemerintah meminta dukungan seluruh pengembang perumahan untuk mewujudkan Program Satu Juta Rumah. Hal itu dinyatakan Ditjen Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid, saat pembukaan pameran REI Expo 2018 digelar di JI Expo Kemayoran 19 hingga 29 April 2018. Dok. Humas Ditjen Penyediaan PerumahanPemerintah meminta dukungan seluruh pengembang perumahan untuk mewujudkan Program Satu Juta Rumah. Hal itu dinyatakan Ditjen Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid, saat pembukaan pameran REI Expo 2018 digelar di JI Expo Kemayoran 19 hingga 29 April 2018.

KOMPAS.com - Pemerintah meminta seluruh pengembang perumahan membangun kota-kota baru di Indonesia. 

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, mengatakan pemerintah telah menyiapkan 10 kota baru dan sejumlah daerah lainnya.

Lahirnya kota baru yang didukung infrastruktur dan perumahan diharapkan dapat mendorong tumbuhnya perekonomian bangsa serta pemerataan pembangunan di berbagai bidang.

"Kami meminta komitmen para pengembang besar dan kecil untuk mendukung pembangunan kota-kota baru di Indonesia," kata Khalawi Abdul Hamid saat membuka Pameran REI Mega Expo di Jakarta, Sabtu (21/4/2018).

(Baca: Yuk, Berburu Rumah Rp 130 Jutaan di Kemayoran)

Adanya backlog perumahan yang cukup tinggi merupakan salah satu peluang bagi para pengembang untuk meningkatkan pembangunan hunian bagi masyarakat.

Sebab, ia melanjutkan, pemerintah tentunya tidak akan mampu memenuhi kebutuhan seluruh rumah bagi masyarakat mengingat anggaran yang terbatas.

Dari jumlah backlog perumahan yang ada di indonesia saat ini, kontribusi hunian yang dibangun oleh pemerintah hanya 20 persen dari yang berasal dari dana APBN.

Sementara, hunian yang berasal dari subsidi seperti Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ( KPR FLPP) sekitar 30 persen.

Pemerintah meminta dukungan seluruh pengembang perumahan untuk mewujudkan Program Satu Juta Rumah. Hal itu dinyatakan Ditjen Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid, saat pembukaan pameran REI Expo 2018 digelar di JI Expo Kemayoran 19 hingga 29 April 2018.Dok. Humas Ditjen Penyediaan Perumahan Pemerintah meminta dukungan seluruh pengembang perumahan untuk mewujudkan Program Satu Juta Rumah. Hal itu dinyatakan Ditjen Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid, saat pembukaan pameran REI Expo 2018 digelar di JI Expo Kemayoran 19 hingga 29 April 2018.

"Sisanya sekitar 50 persen diharapkan berasal dari peran swasta melalui perumahan yang dibangun secara formal dari masyarakat lewat pembangunan rumah swadaya," katanya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X