Lebaran Tahun Ini, Pemudik Bisa Lintasi Tol Wilangan-Kertosono

Kompas.com - 31/03/2018, 12:56 WIB
Tol Ngawi-Kertosono siap untuk dioperasikan. Dokumentasi PT Ngawi Kertosono JayaTol Ngawi-Kertosono siap untuk dioperasikan.

MADIUN, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan ruas Wilangan-Kertosono yang merupakan bagian dari Jalan Tol Ngawi-Kertosono bisa digunakan secara fungsional saat mudik dan balik Lebaran tahun 2018.

Baca juga : Sah, A Significant Part of Trans Java Resmi Beroperasi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nanti yang bisa digunakan satu jalur dan dibuka dua lajur," ujar Basuki usai peresmian Tol Ngawi-Kertosono ruas Ngawi-Wilangan, Kamis (29/3/2018).

Hingga Maret 2018, perkembangan pekerjaan ruas Wilangan-Kertosono yang merupakan tugas pemerintah melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sudah 61 persen.

"Ruas ini punya 15 jembatan. Total panjangnya 37,5 kilometer," sebut Basuki.

Sementara untuk pembebasan lahannya sudah mencapai angka 99 persen. Yang tersisa dan belum dibebaskan adalah lahan dengan bangunan masjid di atasnya.

Baca juga : Mudik Nanti, Jakarta-Ngawi Cuma 10 Jam

Ruas Wilangan-Kertosono dibangun dengan nilai investasi Rp 3,1 triliun. Sedangkan nilai investasi ruas Ngawi-Wilangan sebesar Rp 5,5 triliun. Jadi, total nilai investasi untuk jalan Tol Ngawi-Kertosono mencapai Rp 8,6 triliun. 

Setelah ini, kata Basuki, dilanjutkan dengan ruas Kertosono-Kediri dan seterusnya hingga Surabaya. 

"Kami menargetkan akhir 2018, Merak-Surabaya tersambung tol dengan total panjang 661 kilometer. Dan tahun 2019, Merak hingga Banyuwangi," tutur Basuki.
 
Jalan Tol Ngawi-Kertosono merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa yang konsesinya dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Ngawi Kertosono Jaya.
 
Dirancang sepanjang total 87,02 kilometer, Jalan Tol Ngawi-Kertosono dibagi dalam empat seksi pengerjaan.

Seksi I Klitik-Simpang Susun Madiun sepanjang 20 kilometer, dan Seksi II Simpang Susun Madiun-Simpang Susun Caruban sepanjang 8,45 kilometer.  Kemudian Seksi III Simpang Susun Caruban-Wilangan sepanjang 21,06 kilometer, dan Seksi IV Wilangan-Kertosono 37,5 kilometer.




Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.