Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Tahun Ini, Pemudik Bisa Lintasi Tol Wilangan-Kertosono

Kompas.com - 31/03/2018, 12:56 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan ruas Wilangan-Kertosono yang merupakan bagian dari Jalan Tol Ngawi-Kertosono bisa digunakan secara fungsional saat mudik dan balik Lebaran tahun 2018.

Baca juga : Sah, A Significant Part of Trans Java Resmi Beroperasi

"Nanti yang bisa digunakan satu jalur dan dibuka dua lajur," ujar Basuki usai peresmian Tol Ngawi-Kertosono ruas Ngawi-Wilangan, Kamis (29/3/2018).

Hingga Maret 2018, perkembangan pekerjaan ruas Wilangan-Kertosono yang merupakan tugas pemerintah melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sudah 61 persen.

"Ruas ini punya 15 jembatan. Total panjangnya 37,5 kilometer," sebut Basuki.

Sementara untuk pembebasan lahannya sudah mencapai angka 99 persen. Yang tersisa dan belum dibebaskan adalah lahan dengan bangunan masjid di atasnya.

Baca juga : Mudik Nanti, Jakarta-Ngawi Cuma 10 Jam

Ruas Wilangan-Kertosono dibangun dengan nilai investasi Rp 3,1 triliun. Sedangkan nilai investasi ruas Ngawi-Wilangan sebesar Rp 5,5 triliun. Jadi, total nilai investasi untuk jalan Tol Ngawi-Kertosono mencapai Rp 8,6 triliun. 

Setelah ini, kata Basuki, dilanjutkan dengan ruas Kertosono-Kediri dan seterusnya hingga Surabaya. 

"Kami menargetkan akhir 2018, Merak-Surabaya tersambung tol dengan total panjang 661 kilometer. Dan tahun 2019, Merak hingga Banyuwangi," tutur Basuki.
 
Jalan Tol Ngawi-Kertosono merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa yang konsesinya dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Ngawi Kertosono Jaya.
 
Dirancang sepanjang total 87,02 kilometer, Jalan Tol Ngawi-Kertosono dibagi dalam empat seksi pengerjaan.

Seksi I Klitik-Simpang Susun Madiun sepanjang 20 kilometer, dan Seksi II Simpang Susun Madiun-Simpang Susun Caruban sepanjang 8,45 kilometer.  Kemudian Seksi III Simpang Susun Caruban-Wilangan sepanjang 21,06 kilometer, dan Seksi IV Wilangan-Kertosono 37,5 kilometer.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com