Begini Cara Singapura "Hukum" Pemboros Air saat Mandi

Kompas.com - 18/03/2018, 14:00 WIB
Singapura ShutterstockSingapura

SINGAPURA, KOMPAS.com – Pemerintah Singapura menelurkan program untuk mengawasi penggunaan air lebih dari lima juta warganya. Dikombinasikan dengan kemajuan teknologi, langkah itu diharapkan mampu menyelamatkan ekosistem lingkungan.

Melansir Channel News Asia, Minggu (18/3/2018), teknologi untuk menghemat penggunaan air tersebut adalah perangkat mandi pintar ( smart shower).

Sebanyak 300 keluarga di West Rock Bukit Batok secara bertahap mendapatkan perangkat tersebut hingga akhir 2018.

Dalam pernyataan resminya, Badan Air Nasional Singapura (PUB) mengatakan, kawasan permukiman itu menjadi contoh perumahan yang dilengkapi smart shower.

Melalui layar kecil dalam perangkat cerdas itu, warga dapat mengetahui secara langsung seberapa banyak air yang dipakai saat mandi.

Tak berhenti di sana, warga juga bisa memantau riwayat penggunaan air serta menetapkan langkah penghematan melalui aplikasi digital dalam ponsel.

Smart Shower dilengkapi dengan layar informasi penggunaan air secara real-time.STRAITS TIMES/TIMOTHY DAVID Smart Shower dilengkapi dengan layar informasi penggunaan air secara real-time.
Seorang penduduk di West Rock Bukit Batok, Caroline Huang, mengaku antusias dengan hadirnya smart shower.

“Keluarga kami ingin mencoba apakah smart shower dapat membantu dalam menghemat penggunaan air sehari-hari. Air adalah sumber kehidupan karena itu kami berharap menjadi bagian dari pelestariannya,” tutur Huang.

Biasanya, Huang dan keluarga membayar sekitar 40 dollar Singapura (Rp 400.000) per bulan untuk tagihan air.

Ia berharap, dengan hadirnya smart shower mampu memangkas biaya air paling tidak 10 dollar Singapura (Rp 100.000) per bulannya.

Bertahap

Setelah West Rock Bukit Batok, smart shower akan dipasang secara bertahap untuk sejumlah permukiman baru seperti Meadow Spring, Toa Payoh Apex, dan Buangkok Park Vista.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X