Empat Cara Mudik Asyik...

Kompas.com - 14/03/2018, 07:00 WIB
Pemudik dengan menggunakan sepeda motor melintas menuju Jalan Kali Malang, Jakarta Timur, Senin (6/9/2010). Mudik dengan alat transportasi ini masih digunakan warga karena murah. KOMPAS/WISNU WIDIANTORO KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Pemudik dengan menggunakan sepeda motor melintas menuju Jalan Kali Malang, Jakarta Timur, Senin (6/9/2010). Mudik dengan alat transportasi ini masih digunakan warga karena murah. KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam moda transportasi yang bisa digunakan pemudik saat musim Lebaran dari Jakarta menuju Surabaya. Mulai dari jalur darat, laut dan udara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, ada sejumlah ruas tol yang akan kembali dibuka fungsional pada 2018 ini. Meski demikian, kondisinya jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Baca juga : Asyik, Tahun Ini Bisa Mudik Jakarta-Surabaya via Tol Trans Jawa

“Kami ingat, tahun lalu dalam kondisi darurat dengan jalan berdebu. Sebagian lean concrete dan sebagian masih perkerasan. Tahun ini, Insya Allah sudah dibeton dan untuk lapisan tanah yang lunak atau fleksibel kami lapis dengan aspal,” kata Basuki.

Kehadiran tol, menjadi salah satu pilihan jalur bagi pemudik, bila ingin menggunakan kendaraan pribadi. Namun bila tidak, masih ada tiga moda transportasi lain yang bisa digunakan yaitu kereta api, pesawat terbang, atau kapal laut.

Kompas.com mencoba memberikan gambaran bagi pemudik dalam memilih moda transportasi yang paling ideal untuk digunakan saat mudik lebaran.

1. Kendaraan pribadi via tol

Setiap tahun, jumlah pengguna kendaraan pribadi yang mengakses jalan tol kian bertambah, seiring bertambah panjangnya ruas tol yang dibangun.

Muatan yang cukup banyak, serta kemudahan tranportasi di kota tujuan, menjadi alasan bagi masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadi saat mudik.

Sebagai simulai, keberangkatan pemudik dimulai dari Tol Jakarta-Cikampek hingga Tol Mojokerto-Surabaya, sepanjang 635 kilometer. Adapun kocek yang harus disiapkan untuk membayar tarif tol sekitar Rp 481.150.

Baca juga : Mudik Jakarta-Surabaya Lewat Tol Trans Jawa Cukup Bayar Rp 481.150

Dana tersebut belum termasuk biaya bahan bakar minyak dan makan. Bila kondisi cukup lancar, seharusnya waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan tersebut kurang lebih 10,5 jam tanpa berhenti.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X