Proyek Tol Becakayu Dimoratorium, Ini Tanggapan Waskita

Kompas.com - 20/02/2018, 13:30 WIB
Kondisi TKP tiang girder pengerjaan pengecoran yang rubuh dj proyek Becakayu, Selasa (20/2/2018) Kompas.com/Setyo AdiKondisi TKP tiang girder pengerjaan pengecoran yang rubuh dj proyek Becakayu, Selasa (20/2/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bakal memoratorium sejumlah proyek infrastruktur layang atau elevated yang tengah digarap kontraktor saat ini.

Salah satunya proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu yang digarap PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Baca juga : Kecelakaan Tol Becakayu, Pemerintah Evaluasi Pekerjaan Malam Hari

Menanggapi rencana tersebut, Kepala Divisi III PT Waskita Karya (Persero) Tbk Dono Parwoto menyatakan, siap untuk mengevaluasi seluruh prosedur operasional standar dalam mengerjakan proyek infrastruktur layang.

"Kalau kami dengan adanya informasi dari Kementerian PUPR itu siap, menyampaikan demikian akan dievaluasi. Semua kondisi yang sedang berjalan. Prinsipnya kami tidak ingin hal itu terjadi," kata Dono di kantor proyek Waskita, Selasa (20/2/2018).

Baca juga : Pemerintah Moratorium Semua Proyek Tol Layang

Ia pun berharap, dengan adanya moratorium seluruh metode kerja dapat dicek untuk dilihat apakah sudah sesuai dengan yang ditentukan sebelumnya atau belum.

"Sehingga akan lebih aman lagi," sambung dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, moratorium akan dilaksanakan untuk seluruh proyek layang yang sedang digarap di Indonesia.

"Untuk itu, pertama seperti ditugaskan oleh Pak Menteri untuk memoratorium seluruh pekerjaan kami yang elevated," kata Arie di Jakarta.

Ia mengatakan, moratorium dilaksanakan hingga seluruh kontraktor yang menggarap tol layang dapat memastikan prosedur operasional standar yang diterapkan sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

"Kita evaluasi, masing-masing direktur utama dari kontraktor itu mengajukan lagi metode kerjanya, sistem utamanya, sebelum kita ijinkan (kembali) melakukan itu," tegas Arie.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X