Bukan Incaran, Harga Apartemen di Bintaro Harusnya Lebih Miring

Kompas.com - 17/02/2018, 16:00 WIB
Ilustrasi apartemen. vkyrylIlustrasi apartemen.

BINTARO, KOMPAS.com - Dalam beberapa waktu terakhir, pasokan hunian jangkung di Jalan Jombang Raya, Bintaro, Tangerang Selatan, terus bertambah.

Penambahan tersebut dipastikan akan memicu persaingan harga antara pengembang satu dengan pengembang lainnya.

Akhir November lalu, misalnya, PT Jaya Real Property Tbk merilis proyek Emerald Bintaro yang dibanderol seharga Rp 460 jutaan untuk tipe platinum series. Profesional muda dan pasangan baru menikah menjadi incaran dari pengembangan proyek ini.

Baca juga : Kredit Apartemen Tipe Kecil Masih Mengalami Kontraksi

Empat bulan berselang, giliran PT Gaharu 88 Property memulai pembangunan Bintaro Mansion yang lokasinya hanya berjarak sekitar 600 meter dari Emerald Bintaro.

Dibanderol mulai dari harga Rp 524 juta hingga Rp 1,6 miliar, apartemen ini ditujukan untuk kelompok urban dan kalangan profesional.

Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) Panangian Simanulangkit menilai, dengan pembangunan yang marak, pengembang sebenarnya tak hanya bersaing dengan sesama pengembang apartemen. Tetapi juga dengan pengembang hunian tapak yang memang sudah ada sejak lama.

Ilustrasi apartemenThinkstock Ilustrasi apartemen
"Sebenarnya kalau harga itu relatif ya. Cuma kalau permintaan gaya hidup seseorang enggak kuat untuk support apartemen, maka harga seharusnya menjadi solusi," kata Panangian kepada Kompas.com, Sabtu (17/2/2018).

Berbeda dengan Serpong atau Bekasi, menurut Panangian, Bintaro bukanlah salah satu pusat pertumbuhan baru.

Baca juga : Apartemen di Selatan Jakarta Masih Diminati Ekspatriat

Untuk bisa bersaing dengan hunian tapak, seharusnya harga yang ditawarkan pengembang apartemen jauh lebih miring dibandingkan hunian tapak. Terlebih, bila apartemen tersebut memiliki lokasi yang tidak terlalu dekat dengan akses transportasi publik.

Sekadar informasi, jarak tempuh beberapa apartemen di Jalan Jombang tidak cukup lama untuk menjangkau akses transportasi publik.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X