Kompas.com - 26/01/2018, 07:30 WIB
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani dalam kunker di Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (12/12/2017). KOMPAS.com/Labib ZamaniMenteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani dalam kunker di Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (12/12/2017).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dijadwalkan meresmikan sejumlah proyek infrastruktur di Provinsi Sumatera Utara hari ini, Jumat (26/1/2018).

Selain Puan, proyek ini juga turut diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Proyek infrastruktur yang akan diresmikan yaitu Instalasi Pengolahan Limbah Tinja Kota Medan dan Pengembangan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM).

Selanjutnya, Puan dan Basuki bakal meresmikan Pengembangan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik PDAM Tirtanadi.

Adapun Kementerian PUPR membantu Pemerintah Kota Medan untuk membangun IPLT Kota Medan pada 2017, dan membantu Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai untuk membangun SPAM berskala Ibukota Kecamatan (IKK) Kecamatan Sei Rampah.

Pembangunan SPAM IKK dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat, pada 2016 hingga 2017.

Sementara itu, IPLT Kota Medan dibangun dengan kapasitas 100 meter kubik per hari yang ditargetkan dapat melayani 50.000 rumah.

IPLT ini memiliki tangki septik individual maupun komunal yang terbangun di wilayah Kota Medan.

Sedangkan, SPAM IKK Kabupaten Serdang Bedagai memiliki kapasitas 50 liter per detik yang dapat melayani hingga 5.000 rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.