Begini Cara Merawat Kaktus di dalam Rumah - Kompas.com

Begini Cara Merawat Kaktus di dalam Rumah

Kompas.com - 24/01/2018, 14:37 WIB
KaktusITALIANBARK Kaktus

KOMPAS.com - Ingin membawa keindahan padang pasir ke rumah Anda? Tumbuhkan kebun kaktus dalam ruangan.

Dengan bentuk arsitekturnya yang mencolok dan warna yang eye-catching, tanaman kaktus dalam ruangan membuat tambahan pemandangan yang menarik.

Membeli kaktus sehat

Tanaman ini mungkin sedikit pemilih ditambah hampir setiap sisinya berduri. Namun, jika dipersenjatai dengan informasi bermanfaat, Anda bisa berhasil mengembangkan kaktus di dalam rumah.

Agar sukses memiliki kaktus dalam ruangan, penting untuk membeli tanaman sehat. Oleh sebab itu carilah tanaman yang kuat.

Gunakan pensil atau benda semacam itu untuk menancapkan dasar kaktus dengan lembut. Seharusnya, dasar kaktus kuat atau kokoh.

Jika alasnya goyah atau licin, hindari membawa pulang tanaman tersebut, karena kemungkinan besar kaktus ini telah membusuk. Tanda lain kesehatan kaktus yang baik adalah tanahnya kering.

KaktusVKVVisuals.com Kaktus
Perawatan kaktus

Kiat perawatan tanaman kaktus berikut akan membantu Anda menanam tanaman gurun yang sehat.

Berikan cahaya berlimpah. Sebagian besar kaktus berasal dari padang pasir, di mana sinar matahari berlimpah.

Kaktus dalam ruangan membutuhkan cahaya yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Sebisa mungkin, letakkan kaktus di jendela dengan cahaya yang tidak terhalang.

Jika Anda tidak memiliki cukup cahaya yang masuk melalui jendela, dapatkan pencahayaan ruangan dengan spektrum penuh atau lampu yang mensimulasikan sinar matahari.

Jika ruangan Anda memiliki cahaya yang redup untuk jangka waktu lama, akar tanaman cenderung membusuk. Akibatnya mungkin juga kaktus menarik hama.

Hindari suhu yang ekstrem. Kaktus membutuhkan suhu untuk tumbuh dengan baik di dalam rumah paling tidak sekitar 18-29 derajat Celcius.

Air secukupnya. Untuk perawatan kaktus terbaik, sangat penting untuk menghindari penyiraman tanaman yang dapat menyebabkan akar membusuk.

Di lingkungan alami, kaktus disiram hanya jika hujan turun yang sangat jarang terjadi. Jadi kaktus terbiasa dengan kondisi kering. Siram kaktus dengan air hangat saat tanah sudah kering.

Beri pupuk secara berkala. Untuk mempertahankan kaktus indoor yang sehat, pupuk tanaman tersebut setiap dua bulan sekali. Kaktus merespon dengan baik pupuk dengan rasio NPK 15-15-30.

Kaktusashadewilder.com Kaktus
Kaktus mini

Beberapa kaktus yang tumbuh di luar ruangan di daerah gurun mencapai setinggi beberapa kaki dan lebar pada saat jatuh tempo.

Jangan ragu untuk mencoba kaktus jenis ini dalam ruangan yang besar. Namun, Anda akan memiliki banyak keuntungan dengan merawat spesimen kecil di dalam ruangan.

Beberapa tanaman kaktus mini yang mudah tumbuh termasuk kaktus Chin (Gymnocalycium) dan kaktus landak (Echinocereus coccineus).

Kedua tanaman ini juga berbunga kaktus. Anda pun bisa menambahkan percikan warna dengan menumbuhkan kaktus bola rubi, yang juga merupakan Gymnocalycium.

Tanaman ini memiliki dua kaktus dalam satu batang. Bagian atas berwarna merah mencolok dan bagian bawah berwarna hijau.


EditorHilda B Alexander


Close Ads X