Ongkos Jasa Desainer Interior Enggak Bikin Kantong Bolong - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Meikarta

Ongkos Jasa Desainer Interior Enggak Bikin Kantong Bolong

Josephus Primus
Kompas.com - 13/09/2017, 11:25 WIB
Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

KompasProperti - Memiliki rumah atauapartemen bagi seseorang pasti membawa kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri. Namun begitu, tetap saja ada tantangan muncul untuk membuat rumah atau apartemen agar nyaman dihuni, khususnya dari segi penataan ruang.

Disarikan dari laman Kompas.com, lantaran menata ruang menjadi hal penting, ada baiknya bila Anda mulai mengenal kerja desainer interior. Pelaku profesi ini, kata Sekretaris Jenderal Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Rochmadi, desainer interior harus tahu lebih jauh tentang tahapan padu padan atau mix and match furnitur di dalam suatu ruangan.

Konsep merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan oleh seorang desainer. Dalam berkarya, setiap desainer harus memiliki konsep.

Rochmadi menambahkan, desainer mempertimbangkan banyak aspek ketika akan mengatur ruangan. Misalnya, saat memilih kain sesuai kebutuhan penghuni, apakah kain monokrom atau warna-warna tersier lainnya.

Selain warna, desainer juga memikirkan bahan yang cocok ketika dihadapkan dengan ruangan yang panas atau dingin. 

Baca: Pilih Dekorator atau Desainer Interior?

Lebih lanjut, Rochmadi menambahkan bahwa pemilik rumah ataupun apartemen sudah barang tentu mesti memperhitungkan biaya untuk jasa desainer interior. Lazimnya, ongkos jasa itu adalah per meter persegi (ruangan yang didesain), atau bisa 3-7 persen dari total anggaran. Maksimal 10 persen.

Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.
Menurut Rochmadi, sebenarnya sudah ada tarif yang ditetapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tetapi sebelumnya HDII juga sudah menetapkan perhitungan.

Oleh sebab itu, kata dia, besar kecilnya biaya jasa sewa desainer interior pada akhirnya bergantung pada kesepakatan antara klien dan si desainer itu sendiri.

Masih menurut Rochmadi, ada perhitungan lain yang perlu Anda ketahui sebelum menyewa jasa desainer.

Sebagai gambaran, semakin besar biaya atau ruangan yang akan didesain, semakin turun biaya untuk menyewa desainer interior.

"Misanya total untuk mendesain rumah Rp 6 miliar untuk furnitur dan lain-lain, biaya sewa jasa desainer bisa tiga persen. Kalau budget mendesain hanya Rp 500 juta, biaya jasa bisa 5 persen," tutur Rochmadi.

Meski demikian, ia menambahkan, desainer dituntut untuk bekerja profesional dan tidak menembak harga di awal.

Desainer tidak menyediakan jasa gambar gratis, kemudian meminta klien untuk mengerjakan renovasi bersama kontraktor yang dipilih desainer.

"Kalau profesional, kita bukan hanya bicara selembar atau dua lembar gambar desain. Karena, biasanya desainer bisa membuat lima lembar gambar dalam satu ruangan mulai dari penempatan furnitur sampai pengaturan listrik," jelas Rochmadi. 

Baca: Mau Sewa Jasa Desainer Interior, Ini Dana yang Perlu Disiapkan

Kawasan Central Park di Meikarta, Cikarang Kawasan Central Park di Meikarta, Cikarang
Selanjutnya, andaikan kepemilikan apartemen itu ada di Meikarta, di kawasan timur Jakarta, bisa jadi ongkos jasa itu menjadi lebih murah. Pasalnya, pengembang kota baru itu, Grup Lippo, menawarkan harga mulai dari Rp 5,8 juta per meter persegi.

Maka dari itu, sudah pasti, dari hitung-hitungan, ongkos jasa desainer interior di apartemen tersebut enggak bikin kantong Anda bolong kan.

Satu hal lagi, dan ini yang perlu Anda tahu, rencana Meikarta sebagai Jakarta baru di Cikarang membuat kota ini terus berbenah. Harga properti di Cikarang punya potensi mengalami kenaikan rata-rata 25 persen per tahun. 
 
Proyek hunian terpadu dan terintegrasi milik Lippo Group itu menjadi harapan baru. Kelak, Meikarta adalah Jakarta baru yang menjadi harapan baru bagi Cikarang dan bahkan sekitarnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisJosephus Primus
EditorLatief
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM