Arsitek Stockholm Rancang Tenda Tahan Beku

Kompas.com - 29/12/2017, 21:00 WIB
Skyli DezeenSkyli
|
EditorHilda B Alexander

STOCKHOLM, KompasProperti - Arsitek berbasis Stockholm Utopia Arkitekter telah merancang tenda sebagai tempat peristirahatan yang nyaman untuk para pejalan kaki di pegunungan.

Disebut Skýli, yang berarti tempat berlindung di Islandia, kabin konseptual ini dirancang untuk menghadapi kondisi cuaca ekstrem di lanskap gunung Islandia.

Dibangun dari baja dan kayu berlapis silang, kabin ini mampu menampung hingga 15 pendaki gunung, dengan ruang tambahan untuk memasak, mengeringkan pakaian dan perlengkapan selokan.

"Skýli dirancang untuk lingkungan yang murni dimana pembangunan berkelanjutan sangat penting. Bahannya ramah lingkungan, meski juga tahan cuaca ekstrem," jelas pendiri dan direktur kreatif Utopia Arkitekter Mattias Litström.

Desain bangunannya dibentuk dari empat piramida tajam, yang dimaksudkan untuk memberi stabilitas struktur dan membuatnya terlihat dari kejauhan.

Atap bernada memberi bentuk bangunan seperti tenda. Bentuknya juga menyerupai gubuk Islandia tradisional, sementara biru cerah merupakan penanda pada arsitektur Reykjavík yang berwarna-warni.

Tahan beku dan korosi

Lapisan luar kulit berlapis dirancang dalam kemitraan dengan produsen baja Swedia SSAB.

Disebut GreenCoat, bahannya dibuat dengan menggunakan teknologi berbasis bio, menggunakan minyak lobak dan bukan minyak berbasis fosil.

Bahan ini diklaim dapat menahan suhu di bawah titik beku dan paparan radiasi UV yang tinggi, dan tahan terhadap korosi, sehingga sangat sesuai untuk ketinggian dan cuaca pegunungan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Dezeen
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X