Kompas.com - 27/12/2017, 10:13 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Sejumlah jalan tol diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun ini. Dari beberapa yang diresmikan, ada di antara jalan tol tersebut yang berada di luar Jawa.

Untuk Tol Trans Jawa, Jokowi mengklaim, sudah 561 kilometer atau separuh dari target yang beroperasi. Sementara, 433 kilometer lainnya masih dalam tahap konstruksi dan 171 kilometer dalam tahap persiapan.

KompasProperti merangkum ruas tol terpanjang yang diresmikan Presiden pada tahun ini. Berikut catatannya:

Gerbang Tol Mojokerto di Tol Kertosono-Mojokerto , Jawa Timur, Minggu (18/6/2017). Tol Kertosono-Mojokerto termasuk dalam jaringan Tol Trans-Jawa dan Jalan tol ini dirancang sepanjang 40,5 kilometer.KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Gerbang Tol Mojokerto di Tol Kertosono-Mojokerto , Jawa Timur, Minggu (18/6/2017). Tol Kertosono-Mojokerto termasuk dalam jaringan Tol Trans-Jawa dan Jalan tol ini dirancang sepanjang 40,5 kilometer.

1. Tol Mojokerto-Kertosono

Jalan tol ini diresmikan Jokowi pada 10 September lalu, yakni untuk Seksi II dan III sepanjang 24,9 kilometer. Seksi II terbentang dari Jombang hingga Mojokerto sepanjang 19,9 kilometer.

Sementara, Seksi III sepanjang 5 kilometer yang menghubungkan Mojokerto Barat ke Mojokerto Utara.

Dengan diresmikannya kedua seksi tersebut, maka panjang Tol Moker yang beroperasi menjadi 39,6 kilometer dari total 40,5 kilometer dengan besaran investasi senilai Rp 5,5 triliun.

Pada 2014 lalu, Seksi I ruas Bandar-Jombang sepanjang 14,7 kilometer telah dioperasikan. Sementara seksi IV Bandar-Batas Barat (0,9 kilometer) merupakan penghubung dengan Tol Solo-Kertosono yang saat ini konstruksinya sudah 96 persen.

Gerbang Tol Warugunung yang jadi salah satu GT di ruas Tol Surabaya - Mojokerto.Jasa Marga Gerbang Tol Warugunung yang jadi salah satu GT di ruas Tol Surabaya - Mojokerto.

2. Tol Surabaya-Mojokerto

Secara keseluruhan, jalan tol yang diresmikan Presiden pada 19 Desember lalu ini memiliki panjang 36,27 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.