Kompas.com - 01/11/2017, 23:20 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Belum adanya regulasi yang jelas atas keberadaan ritel daring atau online, dikhawatirkan menimbulkan persaingan kurang sehat dengan ritel konvensional.

CEO Sogo Department Store Handaka Santosa mengatakan, selama ini, ritel konvensional dihadapkan pada segudang regulasi ketat dalam menjual barang.

Baca juga : Tutupnya Sejumlah Toko Ritel Disebut Bagian dari Strategi Bisnis

Misalnya, perlu adanya label Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk setiap produk yang dijual. Belum lagi beragam jenis pajak yang dikenakan untuk setiap produk.

"Sedangkan yang online ada peraturan apa? Apakah ada syarat SNI aturan perpajakan? Ini yang harus diatur," kata Handaka dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Handaka mengatakan, peritel konvensional selama ini tidak takut dengan kehadiran peritel daring. Sebab, bila dibandingkan dengan jumlah peritel konvensional, peritel daring ini jumlahnya baru sekitar 2 persen saja.

Baca juga : Meski Ritel Menurun, Penjualan Barang Bebas Pajak Justru Melonjak

Meski demikian, perlu diatur regulasi yang sama antara peritel daring dengan peritel konvesional. Hal ini untuk memberikan rasa keadilan antar sesama peritel.

"Kami tidak minta pengurangan apa. Tapi equal treatment, ditata yang baik," tuntasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.