Kompas.com - 01/11/2017, 19:30 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Penurunan daya beli masyarakat dianggap bukan menjadi persoalan utama atas tutupnya sejumlah toko ritel di Indonesia.

Toko-toko ritel yang ditutup adalah Matahari Department Store di Pasaraya Manggarai, dan Pasaraya Blok M PT Matahari Department Store Tbk, dan Lotus Department Store milik PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP).

Baca juga : Meski Ritel Menurun, Penjualan Barang Bebas Pajak Justru Melonjak

Menurut CEO Sogo Department Store Handaka Santosa, fenomena tersebut hanya berlangsung sementara. Pasalnya, setiap tahun hampir terjadi kenaikan upah pekerja.

Karena itu, dia memperkirakan daya beli masyarakat akan naik seiring dengan kenaikan upah yang ada.

"Tapi kenapa yang dibelanjakan itu agak kurang?" kata Handaka dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Handaka tak menampik bahwa perkembangan teknologi informasi, turut mendorong perubahan gaya hidup masyarakat dalam berbelanja.

Kondisi ini semakin diperkuat dengan menjamurnya peritel online, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Perubahan gaya belanja itulah yang ditangkap peritel konvensional, untuk mengubah strategi pemasaran mereka.

"Sebetulnya ini masalah bisnis yang lumrah. Di mana kalau di situ tidak menghasilkan, kita tutup, dan kita buka yang masih menghasilkan," tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.