Tips Jitu agar Konsumen yang Beli Properti Tak Tertipu

Kompas.com - 31/10/2017, 16:30 WIB
Ilustrasi apartemen thinkstockIlustrasi apartemen
|
EditorHilda B Alexander

SYDNEY, KompasProperti - Teliti sebelum membeli adalah ujaran yang terus relevan hingga kini. Termasuk dalam membeli properti, terutama hunian baik itu rumah ataupun apartemen.

Tak jarang, karena tidak teliti, seringkali konsumen dirugikan. Bahkan, ada kasus rumah dan apartemen yang sudah dibeli tak kunjung terbangun karena pengembangnya kabur entah ke mana.

Baca juga : Waspadai Pengembang Nakal Berkedok Program Rumah Murah  

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat, kasus terkait properti terus ada dari tahun ke tahun. Basis kasus ini apalagi kalau bukan berdasarkan pengaduan konsumen.

Sepanjang tahun 2016, YLKI mencatat pengaduan konsumen di bidang properti menempati posisi kedua paling banyak yakni 123 kasus.

Pengaduan bidang properti ini hanya kalah dari pengaduan layanan jasa keuangan yang mencapai 249 aduan.

Baca juga : Dinas Perumahan Memihak Pengembang, Sengketa Properti Terus Meningkat

Sementara tahun 2015, pengaduan di sektor properti malah lebih banyak yakni mencapai 160 kasus.

Mayoritas pengaduan properti karena bangunan yang tidak sesuai dengan spesifikasi, keterlambatan serah terima kunci, dan pekerjaan pembangunan yang terlambat.

Nah, terkait hal ini, Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Development Crown Group Iwan Sunito berbagi pengalaman dan tips memilih rumah atau apartemen agar tidak menyesal di  kemudian hari.

Baca juga : Jawab Tudingan Wanprestasi, Margahayu Land Jamin The Kencana Beroperasi Februari

Menurut Iwan, yang paling penting dan terutama adalah reputasi dan rekam jejak pengembang.

"Pilihlah proyek rumah atau apartemen yang dibangun oleh pengembang bonafid dengan track record bagus," kata Iwan kepada KompasProperti, Kamis (26/10/2017).

Rekam jejak pengembang, lanjut dia, sangat penting karena sebagai gambaran seberapa sanggup mereka membangun properti yang sedang dipasarkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X