Kompas.com - 30/10/2017, 23:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti – Penutupan gerai ritel kian lazim terjadi secara global. Terbaru, raksasa supermarket Giant mengumumkan penghentian operasional lima tokonya di Malaysia.

Seperti dilansir The Malaysian Insight, Senin (30/10/2017), lima cabang Giant dipastikan tutup pada 5 November mendatang menyusul langkah perusahaan untuk tidak memperpanjang kontrak leasing mereka.

Lemahnya penjualan dianggap sebagai penyebab utama penutupan lima toko yang terletak di Sri Manjung, Sungai Petani, Shah Alam City Centre Mall, Sibu, dan Selayang Lama.

Baca juga: Setelah Singapura, Giliran Ritel Australia Terguncang

Dalam pernyataan resminya, GCH Retail Malaysia selaku pemilik Giant Malaysia mengatakan, keputusan menutup toko tak terhindarkan sebagai upaya "menata kembali operasional untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas".

Ketika ditanya alasan lebih lanjut mengapa Giant tidak memperpanjang kontrak, juru bicara perusahaan menolak berkomentar. Juru bicara tersebut juga enggan menanggapi pertanyaan mengenai nasib pegawai pada toko yang ditutup.

Penutupan lima toko Giant tersebut cukup mengejutkan apabila berkaca pada kinerja sektor ritel Malaysia pada kuartal kedua tahun ini. Penjualan ritel meningkat 4,9 persen pada April sampai Juni, membalikkan kondisi penurunan sebesar 1,2 persen pada Januari hingga Maret.

Meski terjadi perbaikan, pelaku industri umumnya menganggap kenaikan tersebut bersifat sementara dan didorong oleh peningkatan pengeluaran untuk Hari Raya Idul Fitri.

Asosiasi Pengusaha Ritel Malaysia menyatakan, department store dan supermarket diprediksi bakal mengalami penurunan penjualan sebesar 2,5 persen pada kuartal ketiga 2017.

Baca juga: Basuki: Ke Depan Tak Perlu Pusat Belanja dan "Supermarket" Gede

Sejak pengumuman berhenti operasional, cabang-cabang supermarket Giant tersebut ramai diserbu oleh masyarakat. Obral barang seharga 1 Ringgit (sekitar Rp 3.000) menjadi jurus ampuh menggugah antusiasme pembeli.

Pengunjung memilih barang obral di Giant Shah Alam City Centre Mall, Malaysia, Sabtu (28/10/2017). Hasnoor Hussain untuk The Malaysian Insight Pengunjung memilih barang obral di Giant Shah Alam City Centre Mall, Malaysia, Sabtu (28/10/2017).
"Saya awalnya hanya ingin membeli beberapa belanjaan, tetapi ketika melihat betapa murahnya barang di sana, saya memutuskan untuk memborong," cetus seorang pembelanja yang hanya ingin dikenal sebagai Johan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.