Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ritel Mainan Lesu, Penjualan Eksklusif Jadi Andalan

Kompas.com - 08/09/2017, 11:08 WIB
Haris Prahara

Penulis

KompasProperti – Kondisi penjualan mainan di Amerika Serikat sedang lesu. Menyajikan produk eksklusif menjadi jurus andalan peritel mainan untuk menggenjot penjualan atau pun memenangkan persaingan.

Salah peritel yang menyiapkan produk mainan eksklusif adalah Walmart. Pada Rabu (6/9/2017), Walmart meluncurkan katalog mainan andalan mereka untuk musim liburan akhir tahun 2017 ini.

Mereka berharap daftar mainan itu dapat menggugah selera masyarakat Amerika Serikat untuk membeli sebanyak mungkin. Beberapa daftar mainan “terpanas” mereka antara lain Hatchimals, Fingerlings, Star Wars Droid kit, dan Paw Patrol Lookout Tower.

Menurut Walmart, kategori mainan tersebut bersifat interaktif dan juga layak dikoleksi (collectible). Mereka meyakini mainan di atas dapat membuat anak ceria, aktif, serta ketagihan. Terlebih lagi, mainan-mainan tersebut telah populer karena karakternya berasal dari program televisi atau layar lebar.

Tahun ini, sekitar 25 persen mainan yang dijual di toko Walmart maupun situs daring Walmart.com akan dirilis secara eksklusif kepada pasar.

Vice President of Toys Walmart Anne Marie Kehoe mengatakan, penjualan koleksi eksklusif merupakan taktik lazim yang digunakan peritel untuk menarik perhatian konsumen. 

Secara total, Walmart mengklaim akan menawarkan lebih dari 1.000 mainan baru, termasuk lebih dari 300 item bersifat ekslusif.

Selain Walmart, peritel lain yang gencar menyajikan koleksi mainan ekslusif ialah Toys R Us. Mereka telah siap tancap gas menyambut liburan akhir tahun ini dengan koleksi yang menggoda anak-anak untuk memilikinya.

Meskipun dikabarkan tengah terbelit krisis keuangan akibat menumpuknya utang, Toys R Us tetap semangat menghias rak-raknya dengan mainan yang menggugah.

(Baca juga: Raksasa Ritel Mainan Toys R Us Terancam Bangkrut)

Deretan koleksi mainan yang dirilis akhir tahun ini, seperti misalnya Furreal Roarin' Ivory, The Playful Tiger, dan The Power Rangers Ninja Steel Lion Fire Fortress Zord and the Power Wheels Boomerang.

Tatkala para peritel berlomba-lomba menyajikan inovasi untuk memenangkan pertarungan bisnis mainan, Toys R Us pun seolah tak mau kalah. Mereka telah meluncurkan aplikasi yang memudahkan konsumen untuk mencari jenis mainan beserta gerai Toys R Us terdekat untuk mendapatkan mainan itu.

"Apakah Anda penggemar kendaraan, apakah Anda hobi menonton film, kami memiliki semua yang ada dalam daftar, siapa pun Anda," cetus Richard Barry, Executive Vice President And Global Chief Merchandising Officer Toys R Us.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com