Bisnis Properti Lesu, Jumlah Apartemen yang Dijual Meningkat

Kompas.com - 19/10/2017, 13:56 WIB
Ilustrasi apartemen ShutterstockIlustrasi apartemen
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Lesunya bisnis properti di Indonesia berdampak signifikan, sekaligus mengubah peta transaksi jual beli apartemen di situs daring atau online

Jika dalam rentang 2010-2014 transaksi jual beli apartemen menemui garis keseimbangan atau ekuilibrium, berbeda halnya dalam kurun 2015-2017.

Menurut Chief Commercial Officer OLX Indonesia Agung Iskandar, apartemen yang dijual lebih banyak, ketimbang yang terbeli atau tersewa.

"Komposisinya sekarang terbalik. Mereka yang memasang iklan apartemen 70 persen, atau naik 7 persen dari tahun lalu. Sementara yang mencari hanya 30 persen," ungkap Agung menjawab KompasProperti, saat temu media di Jakarta, Kamis (19/10//2017).

Agung menuturkan, OLX Indonesia mencatat 100 unit apartemen yang diiklankan per hari. Dari total listing ini, hanya 30 persen yang terjual atau tersewa.

"Ini kami sebut liquidity rate, 30 persen. Meski hanya segini tapi terhitung baik karena properti merupakan barang mahal atau big ticket item yang harganya ratusan juta rupiah," sebut Agung.

Sementara secara total keseluruhan jumlah properti yang terjual di OLX Indonesia sebanyak 53.000 unit per tahun dari beragam jenis.

Meski jumlah apartemen yang dipasarkan meningkat, namun harga rata-rata justru menurun. Saat ini harga rata-rata sekitar Rp 500 juta. Artinya, apartemen dengan rentang Rp 300 juta hingga Rp 700 juta-lah yang banyak ditawarkan.

Agung mengatakan, apartemen-apartemen yang dibangun di pinggir kotalah yang mendominasi listing OLX Indonesia terkini. Apartemen ini diperuntukan bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah.

"Hal ini berbeda dengan kondisi tiga atau lima tahun sebelumnya harga rata-rata apartemen sekitar Rp 1,5 miliar untuk kelas menengah atas," sebut Agung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X