Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Pilihan Apartemen Murah Dekat Tempat Kerja

Kompas.com - 16/10/2017, 11:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pemerintah terus menggenjot pembangunan apartemen atau rumah susun terintegrasi jaringan transportasi publik atau transit oriented development (TOD).

Selain untuk menyiasati persoalan kemacetan, lokasi hunian yang strategis juga menjadi jawaban bagi masyarakat urban yang ingin tinggal di tengah kota namun dengan kondisi keuangan pas-pasan.

Sejauh ini, ada lima proyek hunian berbasis TOD yang tengah dibangun pemerintah. Tiga di antaranya diresmikan awal pekan lalu yaitu TOD Stasiun Senen, TOD Stasiun Juanda dan TOD Pasar Tanah Abang.

Sedangkan dua sebelumnya, telah dimulai proses ground breaking-nya, yaitu TOD Stasiun Tanjung Barat dan TOD Stasiun Pondok Cina.

Kelima TOD menawarkan dua tipe hunian yaitu apartemen sederhana milik (anami) untuk jenis hunian non subsidi dan rumah susun sederhana milik (rusunami) untuk yang subsidi.

Berikut kelima proyek TOD hasil rangkuman Kompas Properti yang bisa Anda pilih:

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. atau Wika bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengembangkan kawasan berkonsep Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (10/10/2017). Arimbi Ramadhiani PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. atau Wika bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengembangkan kawasan berkonsep Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (10/10/2017).

1. TOD Stasiun Senen

Proyek ini digarap bersama antara PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Secara total, jumlah apartemen yang dibangun yaitu 1.362 unit, terdiri atas 480 unit rusunami dan 882 unit anami.

Rusunami ini akan dilengkapi dengan kawasa komersial berupa pertokoan yang terletak di lantai 1 dan dua. Selain itu, juga akan dilengkapi dengan lahan parkir yang terdiri atas tiga lantai di atas kawasan komersial.

Adapun untuk harga yang ditawarkan yaitu Rp 7 juta per meter persegi. Dengan luas tipe 32 meter persegi, diperkirakan harganya Rp 224 juta per unitnya.

Sedangkan untuk anami, harga yang ditawarkan dua kali lipat dari harga rusunami.

Lokasi TOD Stasiun Senen ini terbilang cukup strategis, terutama bagi Anda yang berkantor di kawasan Medan Merdeka dan sekitarnya.

Berbagai instansi pemerintahan berada tak jauh dari lokasi hunian, mulai dari Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Istana Presiden dan Wakil Presiden, serta sejumlah kantor kementerian lainnya.

Selain itu, lokasi ini juga tak jauh dari Mal Atrium Senen bagi Anda yang gemar berbelanja atau Monumen Nasional bagi Anda yang ingin menghabiskan sore hari di lapangan terbuka.

Hal yang tak kalah penting, Stasiun Senen yang menjadi lokasi pembangunan, merupakan stasiun pertama bagi anda yang hendak menggunakan transportasi kereta api menuju wilayah Jawa. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir terkena macet bila ingin mengakses stasiun tersebut.

Groundbreaking rumah susun berkonsep TOD, di Lingkungan Stasiun Juanda, Jakarta, Selasa (10/10/2017). KOMPAS.com/ Achmad Fauzi Groundbreaking rumah susun berkonsep TOD, di Lingkungan Stasiun Juanda, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com