Bidik Mahasiswa, Pengembang Apartemen Gandeng ITB - Kompas.com

Bidik Mahasiswa, Pengembang Apartemen Gandeng ITB

Kompas.com - 12/10/2017, 20:55 WIB
PT Kalmar Jaya, pengembang Easton Park Residence, Jatinangor, Sumedang, menggandeng Koperasi Keluarga Pegawai (KKP) ITB untuk merangkul segmen mahasiswa di kawasan tersebut.LTF PT Kalmar Jaya, pengembang Easton Park Residence, Jatinangor, Sumedang, menggandeng Koperasi Keluarga Pegawai (KKP) ITB untuk merangkul segmen mahasiswa di kawasan tersebut.

Bandung, Kompas Properti - Makin banyak pengembang properti membidik pasar mahasiswa untuk memasarkan proyek propertinya, terutama apartemen. Setelah di Depok, Serpong, Bogor, pengembang di sekitar kawasan Sumedang dan Bandung pun melakukan hal sama.

Itulah yang dilakukan PT Kalmar Jaya, pengembang Easton Park Residence, Jatinangor, Sumedang, yang menggandeng Koperasi Keluarga Pegawai (KKP) ITB untuk merangkul segmen mahasiswa di kawasan tersebut. Baca:Harga Apartemen Mahasiswa di Serpong Naik 30 Persen.

Dadang Tahya, Direktur Utama PT Kalmar Jaya, mengatakan, alasan utama adalahnya banyaknya mahasiswa yang jadi pasar utamanya setiap tahun. Setidaknya, setiap tahun ada 11.700-an mahasiswa baru yang menuntut ilmu di Jatinangor.

Baca: Harga Apartemen Mahasiswa di Depok Naik 15 Persen.

"Kami ingin membangun sinergi yang baik sekaligus memberi manfaat bagi semua pihak," ujar Dadang, Rabu (11/10/2017).

Dadang, menuturkan, empat tahun lalu unit harga Easton Park Residence Jatinangor masih Rp 160 juta unit. Saat ini sudah tembus menjadi Rp 320 juta per unit.

Bicara potensi, menurut Dadang, pihak Kalmar sendiri menjanjikan capital gain 10 persen per tahun bagi para investor yang membeli apartemen. Hunian vertikal yang konstruksinya telah rampung 100 persen dan beroperasi sejak 2015 itu memiliki 1.535 unit.

Sementara itu, Ketua KKP ITB Haryo Satrio Tomo mengatakan, kerja sama dengan Kalmar merupakan bagian dari pengubahan pada lini bisnis. Koperasi yang memiliki 3.000-an anggota ini ingin setara dengan koperasi swasta lainnya.

"Kami ingin mengubah pola bisnis. Biasanya layanan anggota itu kan simpan pinjam dan konsumsi, nah, sekarang masuk jasa dan produksi," tutur Haryo.

Iwan Risdianto, Vice President Coldwell Banker Property Connections Residential, yang menjadi konsultan properti Kalmar Jaya mengatakan di kawasan Jatinangor sendiri saat ini terdapat kampus Intitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin), dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

"Di situlah prospek sewa apartemen di kawasan Jatinangor sangat bagus," kata  di tempat yang sama.

Ditambah lagi, lanjut Iwan, di kawasan berdirinya apartemen mahasiswa itu juga terus berbenah, termasuk bergulirnya pembangunan infrastruktur Tol Cisumdawu sepanjang 60 kilometer yang akan menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

"Adanya jalan tol ini yang akan semakin menghidupkan wilayah Jatinangor dan sekitarnya," papar Iwan.

Dia menjelaskan, kerja sama dengan KKP ITB ini dapat lebih memudahkan para orangtua mahasiswa untuk mendapatkan indekos yang aman dan nyaman.

"Mahasiswa atau orang tua cukup menghubungi koperasi untuk mendapatkan unit yang diinginkan sebagai tempat indekosnya," jelas dia.

"Saat ini, harga sewa untuk ukuran studio berkisar Rp 2-2,5 juta per bulan. Sedangkan sewa harian berkisar Rp 250-350 ribu per hari," tambahnya.

Dibangun di lahan seluas 6.272 meter persegi (m2), luas bangunan Easton Park Residence berdiri mencapai 49.650 m2 dengan kapasitas 1.535 unit. Ketinggian hunian vertikal ini mencapai 25 lantai dengan satu menara.

Saat ini unit yang ditawarkan mulai ukuran 20 m2, 27 m2 hingga 54 m2. Harga tiap unitnya dibanderol mulai Rp 320 juta per unit sampai Rp 900 jutaan.

EditorLatief
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM