Mahasiswa Arsitektur Ciptakan Kanopi dan Kisi Jendela Otomatis

Kompas.com - 08/10/2017, 20:07 WIB
Dinamakan Penumbra, konsep ini diciptakan oleh mahasiswa arsitektur Tyler Short. the vergeDinamakan Penumbra, konsep ini diciptakan oleh mahasiswa arsitektur Tyler Short.
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti - Seorang mahasiswa telah menciptakan penutup jendela yang bisa memutar dan bergeser dalam tiga dimensi.

Dinamakan Penumbra, konsep ini diciptakan oleh mahasiswa arsitektur Tyler Short dengan menggunakan louver yang bisa miring baik secara horizontal maupun vertikal untuk memberi keteduhan sepanjang hari.

Kisi-kisi ini bertindak seperti venetian blind secara vertikal, dan dapat dimiringkan 180 derajat saat sinar matahari bergerak dari timur ke barat.

Apa yang membuat Penumbra istimewa, kata Short, yakni kisi-kisi tersebut bisa diputar ke atas untuk bertindak sebagai kanopi horizontal.

Sistem ini dirancang sebagai solusi bagi masalah yang digambarkan Short hampir tidak mungkin untuk dipecahkan dengan komponen statis tradisional.

"Fakta bahwa posisi matahari di langit selalu berubah, kanopi yang bekerja untuk menaungi Anda dari matahari pagi, dengan kata lain, tidak akan bekerja di sore hari," jelas Short.

Semua komponen bekerja secara mekanik dan menggunakan rasio roda gigi.

Sistem yang bisa dioperasikan dengan tangan atau komputer ini menciptakan bentuk bergelombang yang indah di seluruh fasad.

"Ini adalah sistem yang indah, dan kita hanya bisa berharap seseorang (yang bergerak) di bisnis shading bisa melihatnya dan mewujudkannya," pungkas Short.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X