Kompas.com - 04/10/2017, 16:28 WIB
Dari total lahan 3.175 hektar, luas lahan yang telah dikembangkan Modern Cikande mencapai 40 persen dengan sisa cadangan lahan sekitar 1500-an hektar. Dalam kondisi aktual, lebih dari 200 perusahaan baik lokal maupun multinasional dari berbagai ragam jenis usaha ada di kawasan industri ini. LTFDari total lahan 3.175 hektar, luas lahan yang telah dikembangkan Modern Cikande mencapai 40 persen dengan sisa cadangan lahan sekitar 1500-an hektar. Dalam kondisi aktual, lebih dari 200 perusahaan baik lokal maupun multinasional dari berbagai ragam jenis usaha ada di kawasan industri ini.
Penulis Latief
|
EditorLatief

KompasProperti - Tamu adalah raja. Setidaknya, perlakuan itulah yang diterima oleh Ch. Wilmin, selama enam tahun menjalankan bisnisnya di kawasan industri Modern Cikande, Serang.

Alasan pertama soal keamanan. Wilmin menuturkan, selama enam tahun bisnisnya nyaris tak menemui gangguan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang biasanya terjadi di kawasan industri lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alasan kedua soal kenyamanan infrastruktur sebagai syarat utama kawasan industri untuk memagari bisnis perusahaaan industri di dalamnya.

Menurut dia, lokasi bekerja di kawasan industri harus bagus bagi karyawannya. Hal terebut sudah dibuktikan di Modern Cikande yang aksesnya mudah menuju jalan tol baik Ciujung maupun Balaraja Barat.

Kombinasi lengkap antara akses yang mudah, fasilitas lengkap dan infrastruktur yang tertata baik menjadikan kawasan industri ModernCikande sebagai tempat kerja yang “ramah” bagi karyawan. Plus, kawasan di sekelilingnya juga dilingkupi hamparan area terbuka hijau. Ini yang bikin nyaman.

"Saya merekomendasikan sepenuhnya kawasan industri ini sebagai area kerja bisnis Anda,” ujar Wilmin dari PT. Utama Prima Gemilang, pada temu media di ModernCikande, Selasa (19/9/2017) lalu.

Perubahan Wajah CIkande

Dalam skripsi yang dibuat pada 1994, Ati Hartati, mahasiswi Jurusan Ilmu-Ilmu sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor (IPB) menuliskan bahwa pembangunan selalu ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat ke arah yang lebih baik dan merata.

Dari berbagai sektor pembangunan, pengembangan dan peningkatan sektor industri merupakan salah satu sektor andalan untuk menopang pertumbuhan ekonomi nasional dan memberikan peluang kesempatan kerja.

Dalam skripsi berjudul ‘Pengaruh Pembangunan Kawasan Industri Terhadap Pergeseran Mata Pencaharian Warga Desa Barengkok Kecamatan Cikande Kabupaten Serang’ tersebut Ati menguraikan, dalam kaitannya dengan masyarakat, industrialisasi memberikan pengaruh terhadap kondisi dan corak kehidupan setempat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.