Bendungan Terbesar Ketiga di Indonesia akan Diresmikan Jokowi

Kompas.com - 04/10/2017, 10:28 WIB
Maket BEndungan Karian, Lebak, Banten. Dani Prabowo/Kompas.comMaket BEndungan Karian, Lebak, Banten.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

LEBAK, KompasProperti - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meninjau proyek pembangunan Bendungan Karian di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (4/10/2017).

Bendungan yang digadang-gadang menjadi terbesar ketiga di Indonesia ini, diperkirakan rampung pada Juni 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pantauan di lokasi, sejumlah pejabat telah hadir. Mereka di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit, Kepala Pusat Bendungan, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ni Made Sumiarsih.

Basuki mengatakan, bendungan ini dirancang dengan kapasitas tampungan 314,7 juta meter kubik dan dapat digunakan untuk mengairi lahan irigasi seluas 22.000 hektar.

“Ini kita cepatkan karena memang untuk kebutuhan masyarakat Banten,” kata Basuki di lokasi.

Sebelum digarap pada tahun 2015, bendungan ini awalnya merupakan daerah irigasi ramp off system Ciujung-Ciliman. Artinya, pada saat itu bendungan ini baru dapat dimanfaatkan setelah hujan turun.

“Paling ada Bendung Pamarayan yang ada di hilir. Nah ini akan kita jadikan tampungan,” kata dia.

Selain menjadi sumber irigasi, bendungan ini juga akan dimanfaatkan sebagai sumber air baku bagi Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan DKI Jakarta sebesar 9,1 meter kubik per detik.

Bendungan Karian nantinya juga dimanfaatkan sebagai sistem pengendali banjir di daerah hilir yang merupakan kawasan strategis dengan infrastruktur penting, seperti Jalan Tol Jakarta-Merak, Kawasan Industri Terpadu, dengan kapasitas tampungan 60,8 juta meter kubik.

“Di sini juga akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro sebesar 1,8 megawatt yang dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar,” kata Sumiarsih.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.