Senin, Jokowi Resmikan Tol Bawen-Salatiga - Kompas.com

Senin, Jokowi Resmikan Tol Bawen-Salatiga

Hilda B Alexander
Kompas.com - 24/09/2017, 22:17 WIB
Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017).KOMPAS.com/ RODERICK ADRIAN MOZES Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017).

SEMARANG, KompasProperti - Tol Bawen-Salatiga yang diklaim sebagai jalan bebas hambatan dengan panorama terindah se-Indonesia ini akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (25/9/2017) besok petang.

Baca: Hendak Diresmikan Jokowi, Tol Bawen-Salatiga Kembali Ditutup

Rencananya, Jokowi akan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, Direktur Utama PT Jasa Marga (persero) Tbk Desi Arryani, dan Direktur Utama Astra Infra Wiwiek D Santosa.

Ruas Tol Bawen-Salatiga dirancang sepanjang 17,6 kilometer, dan merupakan Seksi III dari Jalan Tol Semarang-Solo dengan total panjang 72,64 kilometer.

Seksi I dan II sudah lebih dulu beroperasi, yakni dari Semarang sampai Bawen sepanjang 22,8 kilometer. Rinciannya, Seksi I ruas Semarang-Ungaran sepanjang 10,8 kilometer telah beroperasi pada 17 November 2011.

Baca: Ini Daftar Tarif Tol Bawen-Salatiga

Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.
Sedangkan Seksi II ruas Ungaran-Bawen sepanjang 12 kilometer secara resmi dibuka pada tanggal 11 April 2014. Sisa 2 seksi lagi yang belum dikerjakan, yaitu Salatiga-Boyolali dan Boyololi-Kartosuro dengan panjang masing-masing 24,14 kilometer dan 8,41 kilometer.

Selaku pemegang konsesi tol ini adalah PT Trans Marga Jateng (TMJ) yang merupakan usaha patungan antara PT Jasa Marga (persero) Tbk, Astra Infra, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah.

Direktur Utama PT Jasa Marga (persero) Tbk Desi Arryani mengatakan pengoperasian ruas Bawen-Salatiga adalah bagian dari rencana strategis dalam rangka meningkatkan aset perseroan yang akan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dalam jangka panjang.

Desi menambahkan, pengoperasian ruas ini juga bagian dari upaya untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur.

Baca: Tarif Tol Bawen-Salatiga Dinilai Mahal, Ini Penjelasan BPJT

Foto simpang susun Ruas Tol Bawen-Salatiga (ke kanan keluar Bawen, lurus keluar Salatiga), Jawa Tengah, Jumat (16/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H 7 Lebaran. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Foto simpang susun Ruas Tol Bawen-Salatiga (ke kanan keluar Bawen, lurus keluar Salatiga), Jawa Tengah, Jumat (16/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H 7 Lebaran.
"Tujuan utamanya tentu saja meningkatkan konektivitas antar-wilayah, selain juga meningkatkan distribusi barang dan jasa, serta mendorong pertumbuhan wilayah," tutur Desi kepada Kompas.com, Minggu (24/9/2017).

Direktur Utama Astra Infra Wiwiek D Santosa menimpali, beroperasinya Tol Bawen-Salatiga diharapkan mampu mempercepat tersambungnya Tol Trans-Jawa. 

Karena pada dasarnya, kata Wiwiek, jalan adalah jaringan yang jika tersambung seluruhnya nilai ekonomi, dan manfaatnya juga semakin besar.

"Ini juga akan menambah volume lalu lintas ruas tol ini. Dengan demikian akan menambah kontribusi untuk Astra Infra," sebut Wiwiek.

Menurut AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso, Jokowi dijadwalkan meresmikan ruas tol ini pada petang hari, sekitar pukul 15.00 WIB, usai mengikuti serangkaian acara di Jakarta.

"Insya Allah sesuai rencana, Pak Jokowi confirmed meresmikan (Tol Bawen-Salatiga)," ujar Heru.

PenulisHilda B Alexander
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM