Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendak Diresmikan Jokowi, Tol Bawen-Salatiga Kembali Ditutup

Kompas.com - 22/09/2017, 18:53 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KompasProperti - Baru sepekan dibuka untuk umum dan rencana penerapan tarif secara penuh mulai hari ini, Jalan Tol Bawen-Salatiga akan kembali ditutup, Sabtu (23/9/2017) mulai pukul 00.00 WIB.

Manager Operasional dan Teknik PT Trans Marga Jateng (TMJ) Fauzi Abdurrahman mengatakan, penutupan jalan bebas hambatan sepanjang 17.6 kilometer ini terkait dengan rencana peresmian oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Senin (25/9/2017) mendatang.

"Mohon maaf, sementara waktu pengendara tidak bisa melintas. Mulai besok kami tutup, dikarenakan akan kami gunakan untuk persiapan peresmian operasional," kata Fauzi, Jumat (22/9/2017) petang.

Berdasarkan koordinasi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dilakukan sejak kemarin, jalan tol panoramik ini akan dibuka kembali pada Selasa (26/9/2017) pukul 00.00 WIB.

Sementara itu terkait dengan penerapan tarif penuh pada Jalan Tol Semarang-Salatiga yang rencananya diberlakukan Jumat (22/9/2017) ini, juga urung dilaksanakan.

Pemberlakuan tarif secara penuh pun disesuaikan dengan acara peresmian operasional yang dilaksanakan Senin.

"Tarifnya tidak ada perubahan, hanya penerapannya yang ditunda," tuntasnya.

Sebelumnya dikabarkan, Tol Bawen-Salatiga sejak Jumat (15/9/2017) mulai dioperasikan untuk umum.

Jalan tol ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan golongan I kecuali bus dan truk. Para pengendara juga belum dikenakan tarif alias gratis selama sepekan.

Sedangkan tarif yang akan diberlalukan setelah resmi dibuka, mengacu pada Keputusan Menteri PUPR RI Nomor 718/KPTS/M/2017 tanggal 15 September 2017.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com