Kompas.com - 27/09/2017, 10:39 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti - Kota Sendai di Jepang, baru-baru ini mengalami masa pembangunan ulang pada konsep tata kotanya. Mengacu pada kebutuhan kota, arsitek asal Jepang, Masahiko Fujimori mendesai sebuah bangunan penuh warna bagi sekolah anak-anak, Morinoie.

"Kami merancang sebuah sekolah anak-anak dengan konsep urban style, di samping untuk meningkatkan jumlah anak-anak secara efisien, juga mendorong keingintahuan, kreativitas serta hubungan mereka dengan masyarakat setempat," jelas Fujimori seperti dikutip dari Designboom.

Lahan yang terbatas, mendorong arsitek untuk merancang bangunan secara bertingkat. Untuk menciptakan hubungan antara struktur bangunan dengan wilayah perkotaan, area fasad yang menghadap ke jalan dihiasi degan jendela sederhana berbentuk 'rumah' penuh warna.

Bentuk rumah itu sendiri terinspirasi dari kebiasaan anak-anak dalam menggambar rumah. Di samping itu, secara umum bentuk tersebut juga memberikan gambaran, baik kepada orang tua maupun anak muda, bahwa sekolah tak hanya berfungsi dalam memberikan sarana edukasi tetapi juga memberikan kenyamanan layaknya di rumah.

Untuk menciptakan atmosfer yang menyenangkan bagi murid yang belajar, para arsitek sengaja menerjemahkan keinginan anak-anak ke dalam desain.

"Kami bertujuan untuk memberi suasana hangat dalam pembelajaran di sekolah, melalui perabotan yang nyaman serta interior yang berasal dari kayu," ujarnya.

Morinoie Nursery School di Sendai, Jepang.www.designboom.com Morinoie Nursery School di Sendai, Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.