Kompas.com - 28/08/2017, 21:00 WIB
Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata KOMPAS.com / DANI PRABOWOKetua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

CIKARANG, KompasProperti - Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata berharap syarat yang diatur di dalam penerbitan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) bagi rumah murah bersubsidi dapat dikontrol langsung oleh pengembang.

Penerapan SLF yang diterbitkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), nantinya akan menjadi syarat sebelum akad kredit berlangsung.

Ada beberapa syarat yang diatur di dalamnya, seperti tersedianya infrastruktur jalan, hingga tersambungnya air dan listrik.

"Kalau konteksnya lebih luas lagi, mengenai penyediaan air bersih, PLN, itu saya kira bukan ranah pengembang lagi. Justru, pengembang menuntut itu," kata Eman, sapaan akrab Soelaeman, usai meninjau proyek perumahan Villa Kencana Cikarang, Jawa Barat, Senin (28/9/2017).

Menurut dia, bila syarat yang terdapat di dalam SLF tidak dapat dikontrol pengembang, hal itu dikhawatirkan akan menyulitkan proses akad kredit nantinya.

Dampak dari mundurnya proses akad kredit yaitu membengkaknya biaya kredit konstruksi yang harus ditanggung pengembang.

"Ini jalan terus kewajibannya, lama-lama banyak (pengembang) yang mati," kata Eman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.