Pekan Depan, Integrasi Pembayaran Tol Jagorawi Berlaku

Kompas.com - 17/08/2017, 16:21 WIB
Pengalihan arus kendaraan di Tol Jagorawi, Senin (26/6/2017). Dokumentasi Jasa MargaPengalihan arus kendaraan di Tol Jagorawi, Senin (26/6/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

NUSA DUA, KompasProperti - Setelah beberapa kali dimundurkan, penerapan integrasi sistem pembayaran tol Jakarta-Bogor-Ciawi akan segera dilaksanakan.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku operator jalan tol tersebut, menyatakan siap untuk melaksanakannya.

"Jagorawi, mungkin minggu depan harusnya sudah. Karena fisiknya sudah selesai," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani kepada awak media usai peringatan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Nusa Dua, Kamis (17/8/2017).

Menurut dia, saat ini seluruh progres persiapan integrasi sistem pembayaran tersebut sudah selesai.

Namun, Jasa Marga masih menunggu surat keputusan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengeksekusi hal itu.

Desi memastikan, ada penyesuaian tarif bila sistem pembayaran telah terintegrasi. Pasalnya, seluruh segmen dari Cawang-Ciawi akan dikenakan tarif tunggal dengan sekali transaksi.

"iya dong, kan ada perubahan sistem. sebetulnya bukan kenaikan tarif, tapi penyesuaian karena perubahan sistem dari tertutup menjadi terbuka," kata dia.

Kendati demikian, Desi masih merahasiakan besaran tarif yang akan diterapkan nantinya.

"Belum keluar SK-nya dari Pak Menteri, mungkin 1-2 hari lagi. Mungkin (tunggu) dari internal PU ya," kata dia.

Untuk diketahui, dengan adanya perubahan sistem pembayaran, maka transaksi di Gerbang Tol (GT) Cibubur Utama dan Cimanggis Utama akan dihilangkan.

Nantinya, pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Ciawi akan melakukan transaksi di pintu keluar (off ramp).

Sedangkan pengguna jalan tol arah Ciawi ke Jakarta melakukan transaksi pada pintu masuk (on ramp).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X