Basuki: Malaysia Iri dengan PLBN Entikong

Kompas.com - 10/08/2017, 21:44 WIB
PLBN Aruk di Kalbar Biro Komunikasi dan Informasi Kementerian PUPRPLBN Aruk di Kalbar
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengklaim, keberhasilan pemerintah dalam membangun pos lintas batas negara (PLBN) cukup membuat negara tetangga iri. Salah di antaranya yaitu Malaysia.

Hal itu diungkapkan Basuki saat menjadi pembicara dalam Indonesia Development Forum (IDF) 2017 di Jakarta, Kamis (10/8/2017). Basuki mengatakan, saat ini sudah tujuh PLBN yang telah dibangun pemerintah.

"Itu Malaysia, sekarang pengusahanya protes minta dibangun juga PLBN-nya Malaysia. Itu kata Bu Menlu (Retno LP Marsudi), mereka minta dibangun seperti di Indonesia," kata Basuki.

PLBN Nanga Badau di KalbarBiro Komunikasi dan Informasi Kementerian PUPR PLBN Nanga Badau di Kalbar
PLBN Nanga Badau di KalbarBiro Komunikasi dan Informasi Kementerian PUPR PLBN Nanga Badau di Kalbar

Ketujuh PLBN itu yakni PLBN Entikong, PLBN Nanga Badau, dan PLBN Aruk di Kalimantan Barat, PLBN Motaain, PLBN Matamasin dan PLBN Wini di Nusa Tenggara Timur, serta PLBN Skouw di Papua.

Dalam membangun PLBN, menurut Basuki, pemerintah tak sekedar mempercantiknya, tetapi juga membangun kawasan di sekitarnya. Selain kawasan hunian, juga dibangun pasar sebagai pusat perekonomian masyarakat.

"Sekarang orang bisa langsung ekspor dari Entikong, yang dulu orang harus keluar dulu ekspornya dari Malaysia. Sekarang ekspor sudah bisa dari Entikong," kata dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X