Kompas.com - 24/07/2017, 22:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk telah menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) Rp 39 triliun khusus untuk program Sejuta Rumah.

Sedangkan secara total, penyaluran KPR subsidi dan non-subsidi BTN sebesar Rp 127,48 triliun.

"Untuk Program Sejuta Rumah, peran BTN berhasil 6 bulan ini membangun 370.173 unit dengan nilai Rp 39 triliun," ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono, saat paparan kinerja Semester I-2017, di Menara BTN, Jakarta, Senin (24/7/2017).

Maryono menuturkan, dalam pelaksanaan program Sejuta Rumah, tidak hanya ada KPR subsidi yang masuk perhitungan, tetapi juga ada KPR non-subsidi.

Dari total yang terbangun tersebut, sebanyak 256.000 unit adalah KPR subsidi, sedangkan KPR non-subsidi 124.111 unit.

Dengan pencapaian ini, menurut Maryono, BTN tetap memimpin market share dalam hal penyaluran KPR di angka 35,4 persen.

Sementara untuk KPR subsidi, BTN memegang 95,77 persen secara nasional.

Maryono menambahkan, untuk program Sejuta Rumah ada beberapa komponen yang diperhitungkan dalam realisasinya.

"Pertama adalah ada pembiayaan perumahan dari pemerintah murni dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) misalnya rumah susun sewa (rusunawa)," kata Maryono.

Komponen kedua adalah pembiayan rumah yang mendapat subsidi yaitu KPR. Subsidi ini berasal dari dua sumber yaitu Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan subsidi selisih bunga (SSB).

Kemudian komponen terakhir adalah KPR non-subsidi yang dibiayai beberapa bank atau masyarakat itu sendiri melalui pembangunan swadaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.