Rancangan Induk TOD Dukuh Atas Ditargetkan Selesai Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 06/07/2017, 10:37 WIB
Pengerjaan tunnel yang berada di Stasiun Istora MRT Jakarta, Kamis (8/9/2016), sudah mencapai 900 meter dengan total panjang 1.330,5 meter. Nibras Nailufar/Kompas.comPengerjaan tunnel yang berada di Stasiun Istora MRT Jakarta, Kamis (8/9/2016), sudah mencapai 900 meter dengan total panjang 1.330,5 meter.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - PT Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta tengah merancang rencana induk atau masterplan untuk pengembangan kawasan transit oriented development (TOD) di sejumlah stasiun MRT.

Terdapat dua tahap rencana induk yang disiapkan MRT Jakarta dengan total 8 TOD. Pada tahap pertama, MRT Jakarta merencanakan 4 kawasan TOD, antara lain di Dukuh Atas.

"Rencana (masterplan) ini akan berjalan terus dengan target di akhir tahun ini akan selesai paling tidak yang di Dukuh Atas," ujar Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Agung Wicaksono di Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Ia mengatakan, dari 4 kawasan tersebut, Dukuh Atas memang diprioritaskan. Pasalnya, Dukuh Atas menjadi titik pertemuan dengan jenis transportasi publik terbanyak dibandingkan yang lain.

Di titik tersebut, saat ini sudah terdapat Stasiun Kereta Komuter Sudirman dan Halte TransJakarta Dukuh Atas.

Nantinya, selain stasiun MRT, akan ada stasiun kereta bandara dan kereta ringan atau light rail transit (LRT) di Dukuh Atas.

"Untuk 4 TOD itu prosesnya 9 bulanan. Semoga akhir tahun ini atau awal tahun depan kita akan punya panduan rancang kota atau Urban Design Guide Lines (UDGL) untuk kawasan-kawasan TOD di sekitar MRT," kata Agung.

Meski demikian, imbuh Agung, rancangan TOD di sekitar stasiun MRT sangat tergantung potensi yang ada.

Ia mencontohkan, di Jl Farmawati Raya ada Blok A yang sebelum Lebaran kemarin dilakukan pencanangan perdana proyek pasar oleh Gubernur DKI Jakarta dan PD Pasar Jaya.

Lokasi ini, kata Agung, dekat sekali stasiun MRT. Dengan demikian, ini potensi TOD yang akan dimulai desainnya oleh konsultan agar terintegrasi dan tidak terputus.

Adapun TOD lain di rencana induk tahap I selain Dukuh Atas dan Fatmawati Raya adalah Blok M-Sisingamangaraja dan Fatmawati.

Perencanaan ini berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 182 Tahun 2012 tentang Panduan Rancang Kota (PRK) Pengembangan Koridor MRT Jakarta Tahap 1.

Dalam Pergub tersebut menyatakan seluruh kawasan di sekitar stasiun MRT Jakarta tahap I akan menjadi kawasan TOD sesuai dengan klasifikasinya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X