Kompas.com - 18/06/2017, 05:11 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

TEMANGGUNG, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Parakan Wetan di Jalan Parakan Campur Salam, Kelurahan Parakan Wetan, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Sabtu (17/6/2017).

Masyarakat yang ingin menyewa rusunawa tersebut tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membayar uang sewa bulanannya.

"Kemarin di Jawa Tengah yang sudah dibangun pada 2015, kurang lebih Rp 100.000. Nah tadi saya tanyakan ke kepala dinas, kurang lebih (di sini) sekitar segitu lah Rp 100.000," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin di lokasi.

Ia mengatakan, bila dibandingkan sewa kos yang ada di daerah sekitar rusun, harga yang ditawarkan relatif jauh terjangkau. Jarga sewa kos di daerah tersebut mencapai Rp 400.000 per bulan.

"Kalau dia pakai AC Rp 400.000, kalau tidak Rp 300.000. Itu pun kamar mandi di luar," kata dia.

Dengan harga sewa yang murah, diharapkan masyarakat memiliki kemampuan untuk menabung. Dengan demikian, masyarakat ke depan dapat membeli rumah milik mereka sendiri.

Untuk diketahui, rusunawa yang diresmikan Presiden Jokowi tersebut berdiri di atas lahan seluas 2.638 meter persegi. Ada 114 unit ruangan dengan tipe 24.

Masing-masing unit telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti satu unit tempat tidur slorok, dua unit meja belajar, dua unit kursi belajar, serta dua unit lemari ukuran sedang.

Setiap unit juga dilengkapi kamar mandi yang sudah dilengkapi wastafel, shower dan tempat buang air kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.