Kompas.com - 16/06/2017, 00:04 WIB
Seksi 1 Sidomulyo-Bakauheni yang merupakan bagian dari Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung akan fungsional ketika lebaran nanti. Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.comSeksi 1 Sidomulyo-Bakauheni yang merupakan bagian dari Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung akan fungsional ketika lebaran nanti.
|
EditorHilda B Alexander

BANDARLAMPUNG, KompasProperti - Kapolda Lampung Irjen Sudjarno menegaskan Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 13 kilometer yang berada di wilayah Provinsi Lampung belum bisa difungsikan.

"Belum ada koordinasi terkait penggunaan tol paket 2 di Lematang Bandarlampung tapi kalau yang paket 1 Bakauheni Lampung Selatan bisa difungsikan sepanjang 1,5 kilometer," kata Sudjarno, Kamis (15/6/2017.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jalur darurat itu pun baru bisa difungsikan pada H-3 menjelang Lebaran dan melihat kondisi kepadatan lalu lintas.

"Kalau dengan jalur nasional normal-normal saja, pintu tol Bakauheni tidak digunakan kecuali pada arus balik nanti," kata dia lagi.

Pada jalur tersebut, Polda Lampung mengoperasikan penerang jalan bantuan dua unit yang mampu menerangi sampai 1 kilometer.

Sementara itu Wakil Gubernur Lampung Bactiar Basri mengatakan penggunaan jalur Lematang-Kampus Itera Bandarlampung dinilai kurang efektif.

Pasalnya, pengguna jalan harus masuk dulu ke Simpang Pugung Raharjo dan keluar di Kampus Itera jalur Korpri. Justri dengan melintasi jalur tersebut pemudik menepuh jarak 2 kali lipat panjangnya.

"Lagi pula kalau mau lewat tol Lematang itu apa kepentingannya, malah lebih jauh," ujarnya.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan tol paket 2 Lematang Itera sepanjang 13 kilometer siap difungsikan untuk mengatasi kepadatan arus mudik Lebaran 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.