Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantau Arus Mudik Semarang-Yogyakarta, Dishub Pasang 17 CCTV

Kompas.com - 14/06/2017, 12:00 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KompasProperti - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Semarang memasang tujuh belas kamera CCTV di sepanjang ruas jalan utama Semarang-Bawen-Solo untuk memantau pergerakan arus lalu lintas selama mudik Lebaran 2017.

Kamera-kamera ini terpasang di sejumlah titik strategis seperti di persimpangan yang rawan terjadi kemacetan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Semarang, Djoko Nuryanto mengatakan, kendati telah ada Jalan Tol Semarang-Solo dari Semarang hingga Salatiga, namun Dishub akan tetap mengantisipasi kapadatan volume kendaran di jalan-jalan utama.

Dengan demikian, keberadaan kamera CCTV yang berjumlah 17 unit tersebut, akan mempermudah petugas menentukan rekayasa lalu lintas dan mengambil tindakan jika terjadi kemacetan.

"Memasang CCTV itu hanya untuk memantau arus lalu lintas. Misalnya terjadi kepadatan atau pun apa, kita tetap hubungi petugas yang ada di sekitar lokasi yang butuh ditangani," kata Djoko, Rabu (14/6/2017).

Menurut Djoko, melalui kamera CCTV ini para petugas bisa mengecek kondisi lalu lintas di beberapa titik secara bersamaan.

Baca: Parkir Tepi jalan di Kawasan Bandungan, Dihilangkan Selama Mudik 2017

Pergerakan kepadatan arus lalu lintas bisa terpantau dari Kantor Dishub yang difungsikan sebagai Posko Pemantau.

Berbekal pantauan CCTV tersebut nantinya diharapkan respon petugas di lapangan akan lebih cepat jika terjadi kemacetan atau insiden lainya di jalan raya.

"Nanti dari Posko menghubungi petugas yang berwenang ataupun petugas yang ditugaskan untuk mobiling, untuk bergerak ke titik yang ada masalah," jelasnya.

Adapun ke 17 kamera CCTV tersebut telah dipasang di Alun-alun Lama Ungaran (2 unit), Babadan (2 unit), Bandungan, Bawen, Cimory, Depan Kantor Dishub (2 unit), DPRD, dan exit  Tol Bawen.

Berikutnya di Karangjati, Langensari, Ngobo, Pasar Projo Ambarawa, Simpang Empat Pegadaian, Perempatan RSUD Ungaran, Pojoksari, Samban (2 Unit), Sidomulyo, Sisemut (2 Unit), Tapen.

Djoko menambahkan, CCTV ini juga terhubung dengan Pos Pantau Utama di Exit Tol Bawen dan Satlantas Polres Semarang.

"Sehingga bisa menjadi panduan bersama tim gabungan untuk mengambil tindakan jika diperlukan rekayasa lalu lintas atau keadaan darurat lainnya," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com