Kompas.com - 15/06/2017, 10:36 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Ruas Tol Trans-Jawa mulai dibuka darurat pada musim mudik dan balik Lebaran tahun 2017 ini. Masyarakat yang ingin mudik dari Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur kini dapat menempuh perjalanan lebih cepat.

Dari 337 kilometer ruas tol yang dibuka darurat, 110 kilometer di antaranya akan dibuka 24 jam mulai dari Brebes Timur hingga Weleri.

Sedangkan, 227 kilometer sisanya mulai dari Semarang hingga Surabaya masih dikaji fungsionalisasi 24 jam.

Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Jakarta yang ingin mudik ke Jawa Tengah, cukup membayar tol sebesar Rp 176.000. Dengan asumsi tujuan perjalanan Anda sampai Solo.

Biaya tersebut digunakan untuk membayar Tol Jakarta-Cikampek dan Cikopo-Palimanan Rp 109.500. Setelah itu tarif tol Palimanan-Kanci sebesar Rp 11.500.

Untuk Tol Kanci-Pejagan Anda akan dibebani tarif Rp 21.500. Setelah itu dari Pejagan ke Brebes Timur/Kaligangsa ongkosnya Rp 21.500.

Untuk ruas tol dari Brebes Timur hingga Gringsing, Anda tidak perlu bayar alias gratis pada saat ini. Sebab, ruas tol tersebut masih dibuka secara darurat.

Anda akan kembali membayar ketika masuk tol Semarang hingga Solo yaitu Rp 13.500.

Sekadar informasi, bagi Anda yang menggunakan kartu elektronik atau e-toll saat bertransaksi, ada potongan khusus hingga 20 persen.

Potongan tersebut diberikan bila Anda melewati sejumlah ruas tol yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.