Wika Mulai Konstruksi Tol Kunciran-Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 09/06/2017, 08:00 WIB
Ilustrasi: Aktivitas pengerukan lahan Tol KOMPAS/PriyombodoIlustrasi: Aktivitas pengerukan lahan Tol
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Proyek Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer yang diusahakan PT Jasa Marga (persero) Tbk telah dimulai pengerjaan konstruksinya.

Infrastruktur dasar ini dianggap vital karena akan menjadi akses alternatif selain tol yang sudah ada ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Operasionalisasinya ditargetkan 2019.

PT Wijaya Karya (persero) Tbk (Wika) tampil sebagai kontraktor yang memenangi tender pengadaan jasa pemborongan pekerjaan pembangunan jalan tol tersebut.

"Kami sudah mulai konstruksi tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran," ujar Direktur Keuangan Wika Steve Kosasih melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Kamis (8/6/2017). 

Proyek tol senilai Rp 3,5 triliun ini akan dibangun dalam empat seksi. Keempat seksi itu yakni seksi 1 Kunciran–IC Sultan Ageng Tirtayasa sepanjang 2,04 kilometer, dan seksi 2 IC Sultan Ageng Tirtayasa–on/off ramp Benteng Betawi sepanjang 3,50 kilometer.

Kemudian, seksi 3 on/off ramp Benteng Betawi–IC Husein Sastranegara 6,50 kilometer, dan seksi 4 IC Husein Sastranegara–Benda Junction 2,15 kilometer.

Jalan tol ini masuk dalam jaringan jalan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 dan terkoneksi dengan ruas Tol Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran yang juga dimiliki oleh PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya PT Cinere Serpong Jaya dan PT Marga Trans Nusantara.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna membenarkan dimulainya pembangunan jalan tol ini.

"Kalau ditanya konstruksi sudah mulai, (jawabannya) sudah, tapi masih dalam tahap awal land clearing. Progresnya masih kecil, baru nol koma nol sekian persen-lah," ujar Herry kepada KompasProperti, Minggu (4/6/2017).

Dia menuturkan, pengerjaan tol ini baru dimulai pada bagian Seksi IV yaitu Seksi H. Sastranegara-SS Benda yang direncanakan sepanjang 2,06 kilometer.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X